Artikel & Tips Aneka Menu Hidangan Panggang Spesial dari Daging, Sayur, hingga Buah
Aneka Menu Hidangan Panggang Spesial dari Daging, Sayur, hingga Buah

Aneka Menu Hidangan Panggang Spesial dari Daging, Sayur, hingga Buah

22 Feb 2023, 17:02

Bosan dengan masakan goreng tapi tak ingin kehilangan sensasi gurih yang menggugah selera? Jangan ragu untuk mengolah masakan panggang sebagai alternatif! Mama bisa tetap menikmati kelezatan masakan. Bahkan, bisa jadi lebih nikmat berkat aneka bumbu spesial yang bakal Dapur Umami rekomendasikan dalam resep ini.


Apapun bahan makanannya, baik daging, sayur, sampai buah, bisa kok dipanggang. Selama cara pengolahan dan bumbunya tepat, lezat sudah pasti Mama dan keluarga dapat. Yuk buktikan!


Ide Masakan Panggang untuk Sarapan Istimewa

Sarapan dengan masakan panggang? Kenapa tidak? Banyak kok ide menariknya. Dapur Umami punya tiga yang terbaik!


Roti Panggang Pedas ala Mayumi®

Tak masalah jika sebelumnya Mama sudah sering menyajikan 1 buah roti sebagai menu sarapan. Sekarang, waktunya buat sedikit perbedaan agar keluarga di rumah lebih terkesan.

Selain roti, Mama juga perlu menyiapkan daging asap yang sudah dipanggang, telur orak-arik, serta saus mayo yang bahan utamanya Mayumi® Pedas. Semua bahan tersebut kemudian Mama tata lalu panggang di meja makan. Cara bikinnya simpel, cara makannya simpel, bahan-bahannya juga simpel. Asik kan?


Bayam Panggang ala Masako®

Bayam kok dipanggang? Iya, bener. Mama nggak salah dengar. Namun jelas, bukan sekedar bayam, tapi ada campuran bahan lainnya ya Ma!

Jadi, dalam adonannya, selain bayam ada telur, sosis, kentang, tepung roti, jagung manis, susu cair, juga Masako® Rasa Ayam. Cara panggangnya mungkin agak unik buat Mama, yakni dengan menaruh adonan dalam wadah anti panas lalu taruh di wajan panas. Oh ya, sebelum panggang, tabur dulu keju parut di atas adonan ya!  


Hotdog Panggang Mayo ala Mayumi®

Sajian ini pasti nggak kalah menarik untuk Mama. Nggak kalah praktisnya, nggak kalah juga lezatnya! Hotdog ala Amerika dengan nutrisi yang lengkap.

Bahan utamanya tentu saja roti dengan irisan memanjang. Di atas roti, Mama dapat menaruh sosis, selada, Mayumi® Pedas, serta keju parut. Setelah memanggangnya, sajikan bersama kentang goreng dan potongan timun serta tomat. Anak maupun suami pasti suka kok kalau Mama sajikan sarapan kaya gini.

Jika Mama masih merasa penjelasannya kurang lengkap, cek selengkapnya di artikel resep sarapan masakan panggang dari Dapur Umami.


Ide Masakan Panggang untuk Makan Siang Praktis

Untuk makan siang, masakan panggang rasanya nggak kalah nendang. Dapur Umami punya nih ide ayam panggang khas dengan berbagai variasi saus yang rasanya mungkin mengejutkan bagi Mama. Penasaran kan?


Ayam Panggang Lada Hitam ala SAORI®

SAORI® punya varian rasa lada hitam yang dapat Mama jadikan bahan utama saus panggang untuk menghasilkan ayam dengan bumbu lada hitam ala restoran. Terbayang lezatnya kan Ma?

Memanggang adalah langkah terakhir dalam sajian ini. Ayamnya perlu Mama goreng dulu sampai warnanya berubah, lalu tambahkan air dan SAORI® Lada Hitam. Kemudian, ungkep agar bumbunya meresap. Terakhir, baru deh Mama bisa memanggangnya dan merasakan kelezatannya.


Ayam Panggang Saus Tiram

Selain dengan varian lada hitam, ayam panggang juga bisa blend dengan SAORI® Saus Tiram yang merupakan varian favorit dari brand saus ini. Rasanya bakal cocok banget untuk Mama dan keluarga yang hobi dengan masakan bercita rasa oriental.


Ayamnya bisa Mama panggang dengan terlebih dahulu memarinasinya dengan campuran SAORI® Saus Tiram dan wijen. Sementara saus siramnya, terbuat dari campuran air, larutan maizena, dan SAORI®. Boleh juga melengkapi sausnya dengan potongan kentang dan tomat ceri.


Ayam Panggang Yoghurt ala Masako®

Mama nggak salah baca kok. Ide menjadikan yoghurt sebagai saus untuk memanggang ayam itu bisa Mama lakukan. Dapur Umami jamin rasanya nggak kalah lezat!

Yoghurt dalam menu ini fungsinya sebagai bahan bumbu marinasi. Selain yoghurt, bumbu lainnya ada kunyit, pala, ketumbar, serta Masako® Rasa Ayam. Setelah ayam panggang-nya matang, Mama dapat melengkapi hidangan dengan sayuran seperti buncis dan wortel.


Aneka resep ayam panggang untuk makan siang lainnya, bisa Mama eksplorasi lebih banyak di Dapur Umami.


Ide Masakan Panggang untuk Makan Malam Spesial

Makan malam yang mengesankan dapat Mama ciptakan tanpa harus keluar rumah. Sajikan saja salah ide olahan panggang yang Dapur Umami rekomendasikan berikut ini! Yuk!


Cumi Panggang Teriyaki

Rasa gurih dan tekstur khas dari cumi, bisa semakin menarik jika Mama olah menjadi sajian dengan saus teriyaki dari SAORI®. Percaya deh!

Untuk membuat nutrisinya lebih banyak, Mama wajib siapkan isian cumi. Isiannya terbuat dari tumisan tahu halus, SAORI® Saus Teriyaki, cabai, seledri, dan serai. Nantinya, isian ini dapat Mama taruh di bagian dalam cumi yang Mama harus potong dua. Kalau sudah, tinggal panggang sampai matang!


Bebek Panggang Hijau

Bebek panggang dengan bumbu yang kaya pakai nasi hangat. Terbayang bagaimana jika ini ada di meja makan Mama malam ini? Tapi, sebaiknya berhenti membayangkan, Ma! Mending, Mama membuatnya langsung. Setuju?


Bahan utama dari bumbu hijau adalah cabai hijau besar. Selain itu, tumis juga dengan bahan dan rempah lain seperti kemiri, jahe, daun jeruk, serai, Masako® Rasa Ayam, serta air. Saat menumis dan airnya meresap berkurang, panggang bebeknya dalam oven. Sajikan dengan air perasan jeruk nipis untuk menambah aroma.


Kakap Panggang Saus Gulai

Potongan kakap dengan potongan bebas duri, sangat cocok jadi masakan panggang. Hanya saja, Mama perlu pertimbangkan matang-matang sausnya. Saus gulai dapat jadi ide brilian!

Kakap yang sudah gurih, cukup Mama dengan lumuran Masako® Rasa Ayam untuk meningkatkan level gurihnya. Selanjutnya, tinggal siapkan bumbu gulainya. Ada banyak referensi bumbu gulai, tapi yang terpenting jangan lupakan Masako® sebagai salah satu bumbunya. Jika sudah jadi, siram kakap dengan bumbu ini.


Dapur Umami masih punya ide lain masakan panggang untuk makan malam Mama yang lebih spesial jika Mama masih membutuhkannya.


Ide Masakan Panggang untuk Camilan Gurih

Bikin camilan gurih itu tak melulu harus digoreng. Dapur Umami memiliki ide membuat camilan dengan teknik panggang. Berikut ini dua diantaranya!


Pisang Panggang Mayo

Mama sudah pernah coba memanggang pisang? Kalau belum, cobain deh Ma! Pisang dapat menjadi camilan nikmat untuk mengisi waktu santai Mama.

Sebelum memanggangnya di wajan anti lengket, olesi dulu pisang dengan Mayumi®. Kalau sudah matang, tata dengan cantik lalu siram dengan sisa Mayumi® tadi. Mama juga bisa menaburkan keju parut untuk melezatkan sekaligus mempercantik sajian ini.


Sosis Panggang Mayo

Daripada membiarkan anak-anak jajan di luar dan sulit memastikan keamanan bahan dan prosesnya, mending buatkan si kecil sosis panggang sendiri di rumah Ma!

Cara membuatnya gampang. Cukup memanggang sosis rebus yang sebelumnya sudah Mama potong dan campurkan dengan bumbu yang terdiri dari Mayumi® Pedas, minyak goreng, serta kecap manis. Saat matang, siapkan lagi Mayumi® sebagai cocolan. Dijamin rasanya yummy!


Ada sejumlah resep camilan lain dari Dapur Umami yang tak kalah praktis dan bisa Mama intip di artikel resep camilan panggang sehat dan lezat.

Ide-ide masakan panggang di atas, bisa Mama masukkan dalam list masakan berhari-hari. Tak perlu ragu dengan rasanya, karena semua resep dari Dapur Umami sudah teruji!



Source of thumbnail: organic delicious food fresh grilled chicken breast wooden board tomatoes healthy dinner lifestyle by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.