Artikel & Tips Aneka Resep Sarapan Sehat dengan Salad Praktis Bernutrisi untuk Awali Hari
Aneka Resep Sarapan Sehat dengan Salad Praktis Bernutrisi untuk Awali Hari

Aneka Resep Sarapan Sehat dengan Salad Praktis Bernutrisi untuk Awali Hari

22 Feb 2023, 16:02

Ketika sedang berusaha mengontrol berat badan, Mama sebaiknya tak hanya memperhatikan kadar kalori dari suatu hidangan. Kalori yang rendah saja tidak cukup, Mama tetap membutuhkan aneka nutrisi lain yang membantu kebutuhan gizi terpenuhi dengan seimbang.


Salah-salah memilih menu salad, alih-alih semakin sehat, Mama justru berpotensi mendapatkan masalah. Dapur Umami sudah memilihkan menu-menu salad dengan berbagai bahan pilihan yang mempertimbangkan keseimbangan nutrisi. Mama dapat menjadikannya menu sarapan sehat sehari-hari.


Resep Salad Udang Crispy ala Mayumi®

Makanan sehat dengan hidangan lezat dan sederhana memiliki kadar kalori yang tidak terlalu tinggi namun diimbangi dengan protein yang memadai. Mama dapat menjadikannya menu sarapan yang tak hanya bergizi, tapi juga lezat dan menarik secara tampilan. Si kecil juga sangat mungkin menyukainya.


Khusus untuk yang tertarik membuatnya, Mama dapat menyiapkan mangkuk lalu isi dengan campuran udang rebus, paprika, tomat, bawang bombay, air lemon, serta Mayumi® Pedas. Aduk semua bahan tersebut sampai hingga merata.


Jika sudah, siapkan biskuit dan taruh komponen-komponen salad di atasnya. Pada tingkat pertama, taruh daun selada (lettuce), kemudian taruh adonan saus, lalu udang, dan terakhir dapat juga menghiasnya dengan daun peterseli. Terakhir, sajikan deh resep salad udang crispy ini. Rasakan lezatnya dan buktikan sehatnya!


Resep Salad Buah Campur Nugget ala Masako®

Biasanya, salad potongan buah jadi pilihan dessert karena memang secara kandungan, vitamin dan mineral dalam buah-buahan masih perlu dilengkapi dengan protein. Namun, kini tidak lagi jika Mama membuat resep salad buah dengan campuran nugget ayam. Secara gizi, lebih lengkap. Secara rasa, bisa lebih kaya!


Selain menggunakan nugget daging ayam, resep salad ini merupakan jenis makanan yang menggunakan bahan lain seperti apel merah, apel hijau, buncis, dan selada. Aneka bahan ini menunjang kebutuhan nutrisi Mama sebagai pengonsumsinya lebih seimbang.


Adapun sausnya, dapat Mama olah dari saus mayonaise, saus cabai, saus tomat, lada, serta Masako® Rasa Ayam. Mama bisa siram saus ini ke atas piring berisi salad buah yang sudah Mama siapkan. 


Jika Mama ingin aroma yang lebih kuat dari salad ini, taburkan daun peterseli cincang dan tuang perasan jeruk nipis sebelum menyajikannya. Ini cocok untuk Mama dan keluarga karena bisa memicu selera bangkit lebih tinggi.


Resep Salad Kentang Mayo ala Mayumi®

Sumber karbohidrat dengan kadar yang tinggi tak melulu nasi. Di Indonesia, kentang dikenal sebagai salah satu makanan pokok alternatif pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan harian karbohidrat. Tentu, tidak salah jika Mama memasukkan kentang dalam menu salad.


Untuk membuatnya, Mama dapat merebus kentang terlebih dahulu lalu membaginya menjadi dua bagian. Kemudian kerok sebagian isinya agar terdapat lekukan seperti mangkuk. Ingat, kerokan kentang nya jangan Mama buang. Namun, campurkan dengan telur rebus, haluskan, lalu taruh lagi di bagian tengah kentang.


Setelah itu, taruh brokoli rebus, selada, serta saus Mayumi® di bagian paling atas kentang. Mama juga bisa menaruh potongan tomat untuk melengkapi resep salad kentang mayo ini sebelum menyantapnya sebagai menu sarapan. Praktis bukan sajian ini?


Resep Salad Nanas Segar ala Masako®

Nanas adalah makanan spesial bagi para pejuang diet. Di dalam buah berwarna kuning ini, terdapat enzim yang dapat mendukung proses pembakaran lemak dalam tubuh. Dapur Umami punya resep spesial agar olahan nanas dapat semakin lahap Mama nikmati saat mengawali hari.


Sebagai permulaan, Mama dapat mengiris berbagai bahan utama salad mulai dari yakni nanas dan daging sapi.


Kemudian, siapkan wadah dan masukkan daging, minyak goreng, serta Masako® Rasa Sapi. Aduk-aduk rata, lalu panggang sampai warna daging berubah.


Kalau sudah, taruh daging dalam piring lalu campurkan dengan nanas dan cabai. Untuk bumbu tambahannya, tuang perasan jeruk nipis serta kecap ikan. Mama dapat melengkapi sajian resep salad nanas segar dengan selada, timun, serta tomat.


Kalau Mama sudah memiliki khazanah yang kaya mengenai varian olahan salad, pastinya tak akan bingung lagi menyiapkan sarapan dengan salad. Benar kan

Oh ya, kalau Mama masih memerlukan referensi lain seputar resep salad, kami masih punya banyak ide kreasi resep salad yang tak kalah menarik. Selamat mencoba Ma!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.