Artikel & Tips Aneka Resep Sayur Kuah Khas Nusantara ala Masako®
Aneka Resep Sayur Kuah Khas Nusantara ala Masako®

Aneka Resep Sayur Kuah Khas Nusantara ala Masako®

09 Feb 2023, 11:02

Sayur kuah khas Nusantara punya cita rasa spesial. Buktinya, ada pada resep-resep yang wajib Mama coba dalam artikel ini.

Nusantara terkenal kaya dengan aneka masakan. Hampir di setiap kota, ada makanan khasnya. Termasuk, kalau Mama mencari tahu tentang olahan resep masakan sayur. Banyak juga lho Ma sajian untuk menjadi resep-resep yang bisa Mama coba!


Kali ini, Dapur Umami bakal mengajak Mama jalan-jalan untuk mengetahui berbagai resep sayur kuah khas di berbagai daerah yang ada di Nusantara. Tentu saja, setelah membacanya, Mama bisa langsung membuatnya di rumah. Nggak perlu jauh jalan-jalan, cukup praktikan resep dari Dapur Umami untuk dikonsumsi keluarga tersayang.


Resep Sayur Jangan Lombok Khas Solo ala Masako®

Sayur jangan ‘lombok’ kok khas Solo? Jangan bingung dulu, lombok dalam nama makanan ini sebenarnya bahasa Jawa yang artinya cabai. Namun, aslinya olahan masakan sayur ini memang populer daerah Jawa, terutama Solo, dengan citarasa kuah yang kental dan segar.


Bumbu kuahnya terbuat dari tumisan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, lengkuas, dan air), daun salam, cabai merah, cabai hijau, serta air. Adapun bahan yang membuatnya kental adalah tambahan santan encer. Sementara tempe, tahu, serta buncis, bisa jadi menjadi penambah gizi pada menu ini. 


Bumbu lain yang jangan Mama lewatkan untuk memberi efek gurih dan umami adalah Masako® Rasa Ayam. Cita rasanya dapat melengkapi berbagai rempah tradisional khas Nusantara yang ada pada resep sayur jangan lombok ini.


Resep Sayur Lodeh ala Masako®

Tahu nggak, Ma? Sayur yang satu ini, punya kisah sejarah yang panjang. Konon, sudah jadi makanan orang-orang di bagian tengah pulau Jawa sejak abad ke-10 masehi. Jadi, meskipun prosesnya bikinnya super simple, cerita di belakangnya sangat menarik.


Secara bahan dan proses, mirip-mirip dengan sayur jangan lombok, bila dilihat dari sisi rempah bumbu halus dan penggunaan santannya. Jadi, tekstur kuahnya sama-sama kental dan segar. Untuk penyedapnya, sama-sama cocok juga menggunakan Masako® Rasa Sapi.


Bedanya, resep lodeh ini menggunakan gula merah, nangka muda, labu siam, kacang panjang, terong, serta daun melinjo pada kuahnya. Jadi, secara isian lebih variatif dan tentunya nutrisinya lebih banyak. Cek langsung deh resep lengkap sayur lodeh nya.


Resep Sup Kimlo ala Masako®

Meski sebagian informasi menyebut sup kimlo ini dari Tiongkok, tapi banyak juga yang menyebutnya sebagai makanan sayur kuah khas Palembang, Sumatera Selatan. Namun terlepas dari polemik itu, yang terpenting hidangan ini lezat dan cocok untuk Mama sajikan di meja makan.


Jika Mama tertarik membuatnya, mulailah dengan menumis ebi sampai harum. Selanjutnya, masukkan air, wortel, jamur kuping, bunga sedap malam, bakso sapi, serta 2 butir atau lebih telur puyuh. Terakhir, tambahkan daun bawang, bihun, serta Masako® Rasa Ayam.


Resep sup kimlo ini adalah memasak sayuran campuran bahannya cukup lengkap. Selain berisi sayur, ada juga beberapa sumber protein yang membuat Mama tak perlu membuat lauk pauk lain. Tentu saja, ini sangat memudahkan Mama kalau sedang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Benar, kan?


Resep Tumis Mangut Kacang Panjang ala Masako®

Meskipun namanya tumis, tapi ini hidangan kuah lho, Ma! Mangut sendiri dalam bahasa Jawa berarti gulai pedas dengan tekstur yang lebih encer. Ada berbagai variasi lauk untuk mangut, namun yang pasti di dalamnya ada sayuran dan ikan. Dalam Resep Tumis Mangut Kacang Panjang Ala Masako® ini, tentunya Dapur Umami rekomendasi spesial untuk Mama.


Cara membuatnya mudah. Tumis dengan sedikit minyak goreng bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun salam, serta lengkuas. Selanjutnya, masukkan ikan asap, santan, air, kacang panjang, serta Masako® Rasa Sapi. Mama pastikan saja semuanya tercampur merata.


Ikan yang kaya protein dalam resep sayur kuah ini, membuatnya cocok jadi menu yang baik bagi kesehatan tubuh dan spesial bagi Mama yang sedang hamil atau menyusui. Rasa kuahnya yang pedas, segar, dan umami, pastinya bisa bikin Mama semangat untuk menyantapnya sampai habis.


Masih banyak resep sayur kuah lainnya yang Dapur Umami punya untuk keluarga. Mulai dari yang sederhana sampai yang agak rumit, sudah kami uji dan buktikan rasanya.

Jadi, Mama tinggal praktikkan saja di rumah tanpa rasa ragu. Cek saja langsung di galeri resep sayur Dapur Umami , Ma!








Source of thumbnail: Sayur Lodeh by PuspaSwara by Getty Images


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.