Artikel & Tips Aneka Resep Sup Gurih dengan Kuah Spesial yang Bikin Nagih
Aneka Resep Sup Gurih dengan Kuah Spesial yang Bikin Nagih

Aneka Resep Sup Gurih dengan Kuah Spesial yang Bikin Nagih

22 Feb 2023, 16:02

Salah satu faktor yang bikin semangat makan sup adalah kuahnya. Kuah yang mengandung aneka rempah atau maupun kuah kaldu dan bumbu yang gurih, adalah hal yang bisa Mama upayakan agar keluarga di rumah mau makan sup. Sebaliknya, kalau kuah supnya cenderung itu-itu saja, jangan heran kalau mereka bosan menyantapnya.


Jika Mama sangat terbiasa dengan sup ayam, sup ikan, maupun sup asparagus, kali ini Dapur Umami akan membagikan beberapa resep cara membuat sup pilihan yang menggunakan aneka kuah. Untuk sebagian resep, kuah-kuah rekomendasi kami ini mungkin relatif baru Mama dengar dan mencobanya. 


Namun, karena semua resep ini sudah Dapur Umami uji langsung kelezatannya, Mama tak perlu ragu, ya. Selamat mencoba!


Resep Sup Kaldu Kacang Hijau ala Masako®

Daging sapi potongan sandung lamur dapat menghasilkan kaldu dengan rasa gurih yang khas dan lezat. Makanya, sebagian menu soto juga menjadikan potongan daging ini sebagai andalan. Dalam resep ini, Mama dapat memadukannya dengan kacang hijau yang kaya gizi.


Sebelum mengolah sup, tambahkan air ke dalam dandang/wadah memasak, kemudian rebus dulu kacang hijau sampai lunak. Namun, pastikan teksturnya tidak hancur, sisihkan. Kemudian, dalam panci berbeda, rebus daging sandung lamur sampai lunak, potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu rebus lagi dalam kondisi sudah terpotong. 


Sambil tetap merebus daging, Mama dapat menyiapkan bumbu tumis yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta jahe. Setelah itu, masukkan tumis bawang merah dan bumbu lainnya tadi ke dalam rebusan daging. Sisanya, Mama hanya perlu memasukkan kacang hijau, Masako® Rasa Sapi dan seledri. Terakhir, aduk hingga bumbu merata dan sup kaldu kacang hijau siap disantap!


Resep Sup Patin Asam Pedas ala AJI-NO-MOTO®

Siapa yang suka dengan sensasi kuah dengan kombinasi rasa gurih, asam, dan pedas? Kalau Mama dan keluarga suka dengan sensasi segarnya, resep ini wajib Mama masukkan jadi list masakan untuk hari ini. Bumbu dan rempahnya cukup banyak, tapi sebanding dengan rasanya yang kaya.


Mama bisa mulai membuatnya dengan menumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, serta belimbing sayur. Saat aroma harum terasa, masukkan air, air asam, gula, garam, serta bumbu spesial AJI-NO-MOTO®, lalu masak sampai airnya tampak mendidih.


Setelah itu, masukkan potongan ikan patin, irisan tomat hijau dan merah, serta kemangi. Kemudian, tunggu sampai matang. Mama pasti membayangkan bagaimana rasa sup patin asam pedas yang menggunakan cukup banyak bahan dengan aneka pengaruh rasa terhadap kuahnya.


Resep Sup Tomat Jamur ala AJI-NO-MOTO®

Buat Mama yang belum tahu, sup tomat ini merupakan sup kebanggaannya orang Italia. Selain Mama sajikan dengan lauk pauk di dalam sup, sajian ini juga cocok jadi cocolan makanan roti panggang. Menikmatinya saat hangat dalam kondisi hujan adalah waktu terbaik mengkonsumsinya.


Mulailah dengan menghaluskan tomat dengan blender, sisihkan. Setelah itu, tumis potongan jamur dan taburkan jinten bubuk setelah tekstur jamurnya layu. 

Kemudian, masukkan tomat halus, air, susu, garam, gula, merica bubuk, serta AJI-NO-MOTO®. 


Tak ada lagi bumbu yang perlu Mama masukkan. Tinggal aduk rata sampai tekstur kuahnya mengental, barulah angkat dan sajikan di meja makan. Resep sup tomat jamur dengan cita rasa gurih dan menyegarkan kini siap menghangatkan keluarga.


Resep Sup Krim Labu Kuning ala Masako®

Labu kuning merupakan sayuran dengan gizi yang luar biasa. Diantara khasiat utamanya adalah meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu penyembuhan luka. Jadi, sudah tentu cocok untuk Mama yang peduli dengan kesehatan keluarga di rumah.


Langkah pertama membuatnya, tumis margarin bersama daun bawang sampai harum. Kemudian, masukkan labu kupas yang sebelumnya sudah dipotong-potong dan dikukus. Setelah itu, aduk-aduk tumis labu, angkat, dan blender sampai halus.


Kalau sudah, masak labu halus dengan api kecil. Selanjutnya, tuangkan susu cair dan Masako® Rasa Ayam. Setelah kuah sup mendidih, angkat lalu sajikan sup krim labu kuning bersama lauk pauk lain untuk membuat meja makan lebih spesial. Untuk menambah aroma, tambahkan taburan seledri saat sup sudah ada di mangkuk.


Aneka resep sup gurih dengan cita rasa spesial di atas, dapat jadi sup andalan baru Mama untuk membahagiakan keluarga. Selain menyehatkan, rasanya terjamin gurih dan bikin nagih. Cobain yuk, Ma!




Source of thumbnail: Men Eating Vegan Creamy Roasted Pumpkin Soup by Luchezar by Canva Pro

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.