Artikel & Tips Inspirasi Olahan Daging Rumahan dari Tumis, Kuah, hingga Camilan
Inspirasi Olahan Daging Rumahan dari Tumis, Kuah, hingga Camilan

Inspirasi Olahan Daging Rumahan dari Tumis, Kuah, hingga Camilan

22 Feb 2023, 15:02

Daging merah seperti sapi, daging kerbau, atau daging kambing, adalah makanan super dengan nutrisi yang kaya sumber protein dan zat besi dengan rasa yang lezat. Namun, bukan berarti setiap masakan yang menggunakan daging otomatis menggugah selera. Mama tetap membutuhkan ide dan resep yang tepat untuk membuat sajiannya menjadi spesial.


Kali ini, Dapur Umami akan membagikan sejumlah ide menu daging terbaik yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Tentunya, dengan mempertimbangkan pilihan bahan-bahan yang sudah teruji mampu menghasilkan rasa umami. Tanpa basa-basi, ayo kita explore idenya!


Ide Resep Daging untuk Anak, Cocok untuk Sarapan

Daging punya banyak khasiat untuk anak. Terutama, berhubungan dalam mendukung proses pertumbuhan dan daya tahan tubuhnya. Sejumlah resep ini cocok untuk disajikan kepada anak-anak, sekaligus cocok juga sebagai menu sarapan seluruh penghuni rumah!


Roti Maryam Isi Daging Mayo

Buat Mama yang belum tahu, roti maryam ini adalah roti khusus khas India yang punya tekstur kasar tapi punya rasa gurih yang nagih. Mama dapat mengolahnya dengan isian daging agar rasanya bertambah lezat dan nutrisinya meningkat.


Isiannya berupa tumisan dari daging cincang dengan campuran bawang bombay, paprika, jagung, dan bubuk kari. Sebelum menaruhnya di dalam roti lalu menggulungnya, tumisan ini dapat Mama campurkan dulu dengan saus Mayumi®. Anak-anak pasti suka!


Mie Pizza Daging Asap

Idenya sederhana, membuat sajian yang mirip pizza dengan bahan yang lebih praktis. Kalau mengolah dough pizza memakan waktu, Mama dapat mengganti dough dengan potongan mie dadar telur. Saat mengocok telurnya, pastikan pakai Masako® Rasa Sapi.


Di atas ‘dough’ tersebut, Mama dapat menaruh daging asap, keju parut, dan paprika. Sebelum menyajikannya, Mama bisa memanggang pizzanya terlebih dahulu. Terbayang kan bagaimana lezatnya masakan ini?


Daging Tepung Saus Kari

Makan ayam pakai balutan tepung? Mungkin orang-orang di rumah sudah sering menikmatinya. Sekarang, waktunya bagi Mama untuk bereksperimen dengan daging yang dibalut tepung degan resep daging tepung ini.


Untuk tepung crispy-nya, Mama bisa pakai Sajiku®. Gunakan adonan basah dan kering sekaligus saat membalutnya agar rasa renyahnya lebih terasa. Sementara sausnya, terbuat dari campuran tumisan margarin, Sajiku®, susu cair, gula, garam, serta wortel. Daging crispy dengan siraman saus kari, rasanya pasti yummy!


Selain tiga resep di atas, masih ada resep daging untuk sarapan lain yang Dapur Umami miliki. Nggak kalah lezat lho!


Ide Resep Daging Kuah Segar untuk Makan Siang

Banyak sekali olahan daging yang disajikan bersama kuah segar yang populer di Nusantara. Tipe-tipe masakan begini, paling cocok Mama sajikan jadi menu makan siang. Nah, Dapur Umami punya beberapa idenya!


Soto Daging Santan Kuning

Mama mungkin sudah pernah merasakan lezatnya kuah santan kuning yang creamy. Tapi, resep ini bisa jadi menawarkan rasa baru yang lebih lezat dengan campuran daging dan aneka bumbu rempah yang membangkitkan selera.


Agar rasa kuahnya gurih dan aromanya kuat, Mama memerlukan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, daun salam, daun jeruk, lengkuas, gula, lada, dan Masako® Rasa Sapi. Dari banyaknya bahan yang tercampur, Mama pasti sudah menduga akan seberapa nikmat hidangan ini.


Terik Daging Sapi

Terik daging sapi khas Solo punya rasa segar yang tak kalah menggoda jika Mama bandingkan dengan kuah kuning. Secara tradisi, bagian daging yang wajib Mama gunakan pada menu ini adalah potongan sandung lamur.


Bahan bumbunya terdiri dari bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, serta jinten. Adapun yang mungkin spesial dalam campuran kuahnya adalah asam jawa, gula merah, serta Masako® Rasa Sapi. Sebagai penyeimbang nutrisi, Mama dapat melengkapi hidangan dengan potongan buncis.


Garang Asem

Garang (pedas) dan asem (asam). Dari namanya saja, Mama pasti sudah bisa menebak bagaimana karakteristik segar dari sajian ini. Buat Mama yang suka dengan kombinasi dua rasa tersebut, hidangan ini pasti bikin nagih!


Kuah yang tampak hitam berasal dari kluwek yang wajib masuk list bumbunya. Selain kluwek, ada juga bumbu dan rempah lain seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau rawit, dan serai. Sementara bumbu yang memberi rasa asam, cukup Mama gunakan Sajiku® Bumbu Sayur Asem.


Jika proses berbagai resep di atas Mama rasa masih perlu diperjelas, Mama dapat mengecek secara lebih detail di artikel resep daging kuah untuk makan siang.


Ide Resep Daging Praktis untuk Makan Malam

Daging bukan hanya pas untuk sarapan dan makan siang, buat makan malam juga oke. Dapur Umami sarankan Mama untuk memilih olahan dengan proses yang lebih praktis. Kebetulan, kami juga punya sejumlah idenya!


Steak Daging Saus Jamur

Nggak perlu jauh-jauh wisata kuliner ke luar rumah untuk menikmati kelezatan steak dengan saus jamur. Bikin aja sendiri di rumah. Mama bahkan bisa membuat yang nggak kalah lezat dibanding steak ala resto.


AJI-NO-MOTO®, paprika bubuk, dan daun rosemary adalah tiga bahan wajib untuk marinasi daging sebelum memanggangnya untuk menghasilkan rasa khas resto. Sementara untuk sausnya, tumis jamur bersama bawang putih, merica, dan AJI-NO-MOTO®. Jangan lupakan larutan maizena sebagai pengental saus.


Tumis Daging Lada Hitam

Makanan yang tumis-tumis, memang identik dengan praktis. Namun, hidangan praktis tak selalu identik dengan rasa yang biasa saja. Nah, resep daging tumis dengan bumbu lada hitam ini adalah buktinya. 


SAORI® Lada Hitam dapat menghadirkan cita rasa kelas atas dalam hidangan tumis sederhana ini. Untuk bahan dan bumbu lain selain SAORI®, siapkan bawang bombay, cabai merah, serta kacang panjang. Bermodal bahan yang relatif sedikit, Mama bisa dapatkan masakan istimewa!


Semur Daging Teriyaki

SAORI® juga punya varian rasa teriyaki yang tak kalah lezat dari varian lada hitam. Bumbu ala Jepang ini dapat Mama hadirkan dalam masakan semur daging. Rasanya pasti lebih spesial!


Mama hanya perlu menambahkan potongan cabai, merica dan ketumbar bubuk sebagai bumbu semur pelengkap SAORI®. Jangan lupa gunakan api kecil saat memasaknya agar bumbunya meresap ke dalam daging. 


Mama masih membutuhkan resep lainnya? Cek saja langsung resep daging praktis untuk makan malam yang sudah Dapur Umami siakan spesial untuk Mama. 


Ide Resep Camilan Daging Gurih untuk Teman Santai 

Camilan dengan bahan daging? Ada kok. Penasaran kan? Berikut dua diantara berbagai resep camilan daging dari Dapur Umami.


Risol Daging Mayo

Kebanyakan risol yang beredar di Nusantara menggunakan sayuran sebagai isian utamanya. Padahal, sebenarnya Mama bisa juga menambahkan daging sapi sebagai tambahan isian dalam camilan yang berasal dari Prancis ini.


Untuk kulit risol, Mama bisa gunakan berbagai resep standar yang bertebaran. Namun untuk isiannya, saran Dapur Umami, Mama gunakan kombinasi daging asam, bayam cincang, serta bumbu spesial Mayumi®. Kombinasinya bikin nagih!


Daging Gulung

Dari penampilannya, siapa sangka kalau camilan ini isinya daging sapi? Mungkin kebanyakan akan menyangka daging ayam. Padahal, beneran daging sapi!


Camilan ini merupakan hasil campuran adonan daging cincang, Sajiku® Tepung Bumbu, cornflakes, serta air. Sebelum digoreng, adonan ini wajib dibalut Sajiku® terlebih dahulu agar rasanya benar-benar crispy. 


Semua masakan ini tak perlu Mama ragukan lagi rasanya. Dapur Umami sudah secara langsung menguji semua resepnya. Asal mengikuti saran bahan dan bumbunya, jaminan lezat bisa Mama dapat!




Source of thumbnail: fried steak pieces wooden board garlic by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.