Artikel & Tips Inspirasi Resep Udang Gurih untuk Sajian Harian di Rumah
Inspirasi Resep Udang Gurih untuk Sajian Harian di Rumah

Inspirasi Resep Udang Gurih untuk Sajian Harian di Rumah

14 Feb 2023, 17:02

Meski konsumsinya tak sepopuler ayam bagi masyarakat Indonesia, udang adalah superfood yang tidak boleh diremehkan. Kelengkapan nutrisi khas seafood yang terkandung pada udang, jadi alasan serius untuk mempertimbangkan udang menjadi sajan masakan harian. Terlebih, rasa dasarnya juga enak.


Dapur Umami punya banyak ide untuk mengolah udang extra lezat dengan aneka produk AJI-NO-MOTO®. Kehadiran bumbu masak ini juga dapat membuat proses pembuatannya jadi jauh lebih praktis tanpa harus mengorbankan kualitas rasanya. Menariknya, semua ide ini sudah Dapur Umami uji langsung pembuatannya!


Ide Resep Udang Saus berbagai Rasa Extra Lezat

Menambahkan udang dengan campuran saus dari SAORI® mungkin hal yang baru bagi Mama. Namun percayalah, pengalaman baru itu mungkin akan jadi pintu untuk menjadikan sejumlah resep ini jadi andalan di rumah.


Udang Saus Lada Hitam

Indonesia sejak dulu terkenal sebagai negara penghasil lada hitam di dunia. Tapi ngomong-ngomong, pernahkah Mama mencoba masakan dengan saus berbahan rempah ini?


Kalau Mama penasaran bagaimana rasa saus lada hitam, gunakan bumbu instan dari SAORI®. Campurkan bumbu SAORI® bersama udang dan bawang bombay, lalu dapatkan kombinasi rasa terbaik khas restoran dalam sajian ini. Sensasi gurih pedasnya, pasti bikin nagih.


Omelet Udang Saus Teriyaki

Omelet pasti jadi salah satu hidangan yang sering Mama masak di rumah kan? Coba deh berkreasi dengan membuat omelet udang saus teriyaki supaya anak dan suami nggak bosan.


Ide Dapur Umami ini terdiri dari udang goreng, omelet dengan bumbu merica dan daun bawang, serta saus teriyaki spesial. Sausnya terbuat dari campuran SAORI® Saus Teriyaki, saus sambal, cabai merah, serta perasan jeruk nipis. Bukan hanya lezat, aroma resep ini juga bisa membangkitkan nafsu makan.


Udang Pedas Saus Tiram

Kalau Mama suka dengan makanan yang ada sensasi asamnya, mari mengolah ide kami yang satu ini. Kombinasi udang yang gurih dengan saus tiram, akan memuaskan selera Mama. 


Saus rekomendasi kami adalah SAORI® Saus Tiram. Untuk memperkaya nutrisi, rasa, dan aroma, Mama dapat menambahkan bawang bombay, kacang kapri, jahe, saus tomat, saus sambal, serta merica. Selain rasanya, teksturnya yang creamy ala menu oriental juga jadi alasan yang bisa membuat Mama jatuh hati dengan resep ini.


Selengkapnya tentang resep udang dengan aneka saus, kami sudah menuliskannya sebelumnya.


Ide Resep Udang Spesial tapi Praktis untuk Lauk Makan Harian

Makan malam jadi spesial dengan olahan udang yang tepat. Kami punya ide resep udang yang dapat menghadirkan sajian spesial dalam waktu tak begitu panjang. Cobain deh Ma!


Spaghetti Udang Spesial

Hari ini makan spaghetti kayanya enak Ma. Coba tanya anak dan suami, mereka juga mungkin sepakat dengan Mama. Apalagi, pasta khas Italia ini juga cocok berpadu dengan udang.


Untuk membuatnya, gunakan saja spaghetti instan. Sementara bumbu serta lauknya, Mama bisa siapkan udang yang ditumis bersama bawang putih, cabai merah, kacang polong, garam, merica hitam, serta AJI-NO-MOTO®. Kelihatannya simpel sih, tapi rasanya nggak sesimpel itu Ma. Enak kok


Mie Yum Yum Tom Yam Kuah Udang

Mie instan selalu dapat Mama andalkan saat lapar tapi malas untuk menyiapkan bahan untuk masak. Untuk Mama yang hobi dengan makan mie sekaligus udang, wajib stok mie instan yang satu ini!


Selain memiliki rasa udang yang khas, produk Mie Yum Yum® ini juga punya cita rasa asam dengan tekstur creamy  ala tom yam. Mama juga bisa menambahkan bahan-bahan lain dalam sajian, seperti jamur, sawi, serta udang rebus. Jadi, selain lezat, gizinya lebih lengkap. Terbayang kan nikmatnya menyantap hidangan ini selagi hangat? 


Udang Rebon Serundeng

Bumbu serundeng khas Jawa Barat yang biasanya bersanding dengan ayam goreng ini cocok juga lho Ma kalau Mama olah bersama udang rebon. Cobain deh!


Kalau Mama belum tahu, serundeng ini menggunakan kelapa parut sebagai bahan utamanya. Untuk bumbunya, cukup gunakan Sajiku® Bumbu Ayam Goreng dengan tambahan cabai rawit. Campuran udang rebon dengan bumbu tersebut akan menghasilkan cita rasa asin, manis, pedas, serta gurih umami.


Kami juga punya resep udang yang praktis lainnya lho Ma! Mampir ke artikel resep udang praktis lainnya yuk!


Ide Resep Camilan Udang Gurih untuk Bersantai

Udang juga bisa jadi camilan yang gurih-gurih lho Ma! Buktinya ada pada sejumlah resep yang akan kami bagikan. Jangan salahkan Dapur Umami ya kalau keluarga di rumah jadi ketagihan minta dimasakin lagi resep udang gurih berikut ini. 


Udang Renyah Cabai Rawit

Membuat udang yang crispy sekarang semakin mudah dengan adanya Sajiku® Tepung Bumbu Crispy. Termasuk, untuk membuat udang. Cukup celup dan balurkan udangnya ke adonan Sajiku® basah dan kering, udang crispy bisa Mama nikmati.


Siapkan juga sambal cocolnya, Ma! Selain cabai rawit, bahan sambalnya terbuat dari bawang merah, ebi cincang, garam, serta minyak panas. Memakannya sambil bersantai, pasti nikmat! 


Talam Udang Gurih

Camilan gurih itu tidak mesti punya rasa asin dan tekstur crispy. Talam udang ini contohnya. Meskipun rasanya manis dan teksturnya lembut, tapi gurihnya bisa Mama rasakan.


Masako® Rasa Ayam adalah kunci gurih dari camilan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan ini. Mama dapat menaruh udang goreng di atas atau di samping talam. Selain jadi lebih lezat, camilan ini juga jadi lebih bergizi.


Bakwan Udang Thailand

Bukan hanya di Indonesia, di Thailand juga ada lho Ma makanan sejenis bakwan. Bedanya, biasanya bakwan di sana menggunakan makanan laut sebagai adonannya, termasuk udang.


Adonannya sederhana, hanya terdiri dari udang cincang, irisan daun bawang, serta Sajiku® Tepung Bumbu Crispy. Asal semuanya sudah tercampur, Mama bisa langsung menggorengnya dan menikmati gurihnya camilan ini bersama sambal cocol.


Semua resep camilan udang dari Dapur Umami, siap menemani waktu santai Mama setiap hari!


Ide Resep Udang Sayur yang Bergizi dan Menggugah Selera

Udang + sayur? Gizinya jadi semakin lengkap. Tapi, hati-hati mengolahnya. Jangan sampai kehadiran sayur malah mengurangi selera makan keluarga. Gunakan rekomendasi Dapur Umami supaya itu tidak terjadi!


Salad Roll Udang

Makan sayur dan udang nggak melulu harus ditumis atau dibikin kuah, Mama dapat berkreasi dengan mengolahnya menjadi salad roll ala Vietnam yang lebih praktis.


Mama hanya perlu menyiapkan rice paper sebagai kulit penggulungnya serta adonan isiannya. Wortel, selada air, timun, kol ungu, udang rebus, serta Mayumi® Pedas adalah isian yang dapat Mama siapkan untuk mendapatkan cita rasa lezat dari resep udang simple ini.


Udang Sayur Popcorn

Kalau Mama cari resep udang untuk bekal anak, ini nih saran dari Dapur Umami. Selain mudah membuatnya, rasanya juga enak.


Udang, brokoli, serta wortel akan semakin menggugah selera jika Mama buat crispy dengan lumuran Sajiku® Tepung Bumbu dan daun kemangi. Jadi, tak perlu khawatir lagi bekal makan anak tidak habis dibawa pulang.


Kalau Mama masih butuh alternatif, kami masih punya resep udang dan sayuran lainnya yang bisa Mama coba. Untuk kali ini, udangnya boleh Mama kreasikan dengan yang berukuran besar ya, Ma.


Akhir kata, Dapur Umami punya rekomendasi, tapi Mama mungkin punya pilihan sendiri. Kalau Mama masih membutuhkan inspirasi alternatif resep udang, kami masih punya banyak resep udang lain yang tak kalah lezat. Sering-sering aja mampir ke galeri resep Dapur Umami Ma!




Source of thumbnail: whole cooked tiger prawn by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.