Artikel & Tips Kreasi Sarapan Sayur untuk Mendukung Imunitas Tubuh Seharian
Kreasi Sarapan Sayur untuk Mendukung Imunitas Tubuh Seharian

Kreasi Sarapan Sayur untuk Mendukung Imunitas Tubuh Seharian

09 Feb 2023, 12:02

Semua resep ini bisa jadi booster semangat sarapan sayur di rumah setiap pagi.


Ada yang keluarganya agak susah kalau diajak makan sayur, Ma? Kalau ada, coba deh olah memasak sayurannya dengan sedikit kreativitas. Dengan sentuhan hal-hal baru dalam resepnya, mungkin akan membantu anak dan suami lebih berselera saat melihat hidangan dengan yang ada sayurnya.


Ngomongin kreativitas, Dapur Umami punya beberapa resep masakan sayur dengan ide pengolahan yang fresh. Bahkan, mungkin resep yang belum pernah terpikirkan oleh Mama sebelumnya. Sayur asem? Atau sayur lodeh? Penasaran kan apa saja resepnya?  Yuk kita membahasnya satu per-satu!


Resep Katsu Sayur ala Mayumi®

Kalau sayur kurang suka, pasti keluarga Mama suka dengan katsu ala-ala Jepang! Benar, kan? Kalau iya, Mama bisa mencampurkan menu sayur dengan olahan makanan tersebut. Dalam resep ini, posisi sayuran jadi saus yang melengkapi kelezatan katsu yang menggugah selera. 


Tentu saja, yang perlu Mama lakukan pertama adalah membuat katsu. Caranya gampang, yakni dengan menyiapkan bahan makanan berupa potongan dada ayam, taburi dengan garam juga merica, guling-gulingkan dalam tepung terigu, celupkan ke kocokan telur, guling-gulingkan lagi ke tepung roti, lalu goreng sampai matang.


Adapun sausnya, terdiri dari tumisan wortel, jagung, dan kacang polong yang dicampur dengan Mayumi®. Untuk plating-nya, tuang adonan saus di atas katsu, lalu sempurnakan dengan taburan keju parut. Dapur Umami jamin deh, resep katsu sayur ini, bisa bikin keluarga Mama semangat sarapan sehari hari!


Resep Udang Sayur Teriyaki ala SAORI®

Kalau resep tumis sayur udang sudah terlalu biasa bagi Mama, sekarang coba yuk tumis serupa dengan bumbu yang tak biasa. Dapur Umami punya produk SAORI® Saus Teriyaki yang ternyata jika menjadi bumbu tumis sayur, rasanya lezat dan bisa bikin ketagihan.


Mulailah membuatnya dengan menumis bawang bombay dan cabai hijau dengan sedikit minyak goreng. Kali ini, bawang putih dan bawang merah tidak perlu digunakan dulu ya, Ma. Saat harum, masukkan nanas serta udang dan masak sampai setengah matang. Kemudian, tuangkan air dan SAORI®. Aduk-aduk hingga rata. Agar tekstur masakan jadi creamy dan lebih nikmat, tambahkan juga larutan tepung maizena.


Terakhir, masukkan tomat cherry dan masak sampai semuanya matang. Jika suka, boleh mama tambahkan daun bawang di atasnya juga. Kombinasi rasa dari semua komponen bahan resep udang sayur teriyaki ini pasti menambah pengalaman rasa Mama dan keluarga dalam mencicipi aneka masakan. 


Resep Caesar Salad ala Mayumi®

Memilih salad sebagai menu sarapan? Boleh juga. Namun, supaya hidangannya istimewa, coba gunakan dressing caesar salad yang juga salah satu yang teristimewa dengan saus Mayumi®. Pasti makan salad jadi lebih semangat!


Gunakan ayam yang dipanggang dengan lumuran kecap asin serta Mayumi® Pedas sebagai sumber protein. Sementara untuk saus mayonya, siapkan campuran saus Mayumi® dengan rasa yang sama dengan keju parmesan. 


Kalau sudah siap, taruh ayam panggang bersama potongan selada, tomat cherry, potongan telur rebus, serta kentang dalam satu wadah. Terakhir, tuang saus mayo di atasnya. Agar gizinya makin lengkap, caesar salad ini cocok keluarga makan bersama roti panggang, yang jadi masakan yang terus dinantikan. Terbayang kan bagaimana lezatnya resep caesar salad ini?


Resep Omelette Sayur ala Masako®

Omelette mungkin sudah menjadi menu sarapan yang sering Mama sajikan. Sebenarnya, dengan sedikit kreativitas, Mama bisa kreasikan omelette menjadi hidangan yang kaya nutrisi dengan sumber sayuran. Tentunya, tanpa mengurangi kelezatannya.


Cara membuatnya kurang lebih sama dengan omelette pada umumnya. Bedanya, wadah berisi kocokan telur perlu Mama tambahkan dengan aneka sayuran, seperti irisan bayam, jamur, serta wortel. Untuk bumbu penambah kesedapan, cukup Masako® Rasa Ayam. Tanpa tambahan bumbu lain, sudah lezat, kok!


Kalau telur kocok dan sayurannya sudah siap, tinggal tuang dan masak di atas wajan. Enaknya sih, omelette sayur ini Mama dan keluarga santap saat masih hangat. Kalau anak atau suami minta nambah karena suka dengan rasa umaminya, sisakan saja sebagian buat bekal makan siang.


Resep-resep di atas membuktikan, sebenarnya tidak ada alasan keluarga susah makan sayur. Mama hanya perlu meluangkan waktu untuk lebih banyak mencari ide dan menambahkan sedikit kreasi di ruang dapur rumah. Setuju kan, Ma?


Kalau merasa sedang kehabisan ide, kunjungi saja Dapur Umami! Kami punya banyak resep kreasi sayur lain yang bisa Mama jajal untuk membuat keluarga selalu bernafsu makan sayur! Selamat mencoba!




Source of Thumbnail: Mangkuk Salad Sayuran by Buenosia Carol by Pexels


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.