Artikel & Tips Rupa-Rupa Sajian Jamur Gurih dan Kreatif untuk Lengkapi Nutrisi Harian
Rupa-Rupa Sajian Jamur Gurih dan Kreatif untuk Lengkapi Nutrisi Harian

Rupa-Rupa Sajian Jamur Gurih dan Kreatif untuk Lengkapi Nutrisi Harian

22 Feb 2023, 16:02

Jamur mungkin bukan bahan masakan utama yang popularitasnya setara dengan ayam, daging sapi, telur, atau ikan. Tapi, bukan berarti jamur bukan pilihan bagus untuk jadi bahan utama sajian keluarga di rumah. Ini sangat bergantung pada cara pengolahannya.


Dengan resep dan cara mengolah yang tepat, jamur bisa jadi hidangan yang dirindukan penghuni rumah. Tapi, kita hanya boleh mengonsumsi jamur yang bisa dimakan saja ya, Ma. Jamur yang kaya akan protein vitamin diantaranya adalah: jamur enoki, jamur shimeji, jamur merang, dan lainnya. Dapur Umami kini akan membantu Mama mendapatkan ide untuk menghadirkan hidangan jamur yang kelezatannya tak sebaiknya Mama lewatkan.


Ide Resep Jamur untuk Anak, Sarapan Lebih Semangat 

Selain kreatif, ini juga dapat berfungsi sebagai mood booster sarapan. Terutama, untuk anak-anak yang seringkali susah makan. Cobain yuk!


Nugget Jamur Bayam

Nugget tak selalu harus menggunakan daging ayam atau ikan sebagai adonan isiannya. Mama bisa kok menggantikan keduanya dengan jamur dan bayam. Menariknya, rasa dan gizinya nggak kalah.


Proses mengolahnya sama dengan nugget yang mungkin pernah Mama olah sebelumnya. Bedanya terletak pada bahan adonannya. Mama perlu menyiapkan jamur kuping, bayam, wortel, serta Sajiku® Tepung Bakwan Crispy. Kalau sudah jadi, Mama tentu saja perlu membentuknya, mengukusnya, lalu menggorengnya.


Telur Kukus Jamur

Mama mungkin sudah sering menghidangkan telur sebagai menu sarapan, terutama telur dengan cara masak digoreng, benar kan? Kali ini, coba gunakan teknik kukus dan menambahkan jamur untuk menghadirkan kreasi yang lebih menggugah selera.


Jamur dalam sajian ini berfungsi sebagai topping pada adonan kukusan telur. Adapun adonan kukusannya sendiri terdiri dari telur kocok yang dicampur dengan lada bubuk, kecap asin, gula pasir, air, dan Masako® Rasa Ayam. Selain jamur, dalam topping juga Mama bisa tambahkan crabstick dan potongan wortel.


Resep Steak Ayam Saus Jamur

Dalam resep ini, fungsi jamur menjadi campuran saus untuk membuat hidangan steak ayam lebih menggoda. Saran Dapur Umami, buatlah steak ayam dengan bahan ayam fillet yang Mama goreng crispy dengan balutan Sajiku® Tepung Bumbu.


Sementara saus jamurnya, dapat Mama olah dari margarin, susu, jamur kancing, serta Sajiku®. Cita rasa saus jamur yang creamy dan gurih ini dapat menyatu dengan sempurna bersama ayam fillet crispy yang sama gurih dan lezatnya.


Berbagai penjelasan lebih lengkap mengenai tiga resep di atas, bisa Mama dapatkan di halaman resep jamur untuk sarapan ini.


Ide Resep Tumis Jamur Praktis untuk Makan Siang

Jamur dapat Mama gunakan sebagai bahan tumisan yang praktis, hemat, sekaligus bergizi. Kandungan proteinnya, cocok untuk menunjang produktivitas keluarga di siang hari!


Tumis Tiga Jamur

Bagaimana jadinya jika tiga jenis jamur Mama tumis dalam satu wajan? Daripada menduga-duga citarasanya, lebih baik Mama buktikan sendiri.


Mama dapat campurkan jamur tiram, jamur kuping, dan jamur merang lalu menyatukan rasanya dengan Masako® Rasa Ayam. 


Untuk bumbu tumisnya sih standar saja, gunakan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau. Bersama nasi hangat dan lauk dengan sumber protein lain, hidangan ini bisa hadirkan sajian yang bikin ketagihan.


Tumis Kangkung Jamur Merang

Siapa diantara Mama yang suka bikin tumis kangkung? Kayaknya sih banyak. Agar menu tumis kangkungnya nggak monoton, coba deh tambahkan jamur merang.


Selain menggunakan bumbu tumis standar seperti bawang merah dan bawang putih, Mama dapat menambahkan SAORI® Saus Tiram. Citarasa manis dan asin dari saus ini, dapat membuat perbedaan yang dapat Mama bandingkan dengan tumis kangkung yang sebelumnya pernah Mama buat.


Cah Jamur Wortel

Jika Mama ingin menyiapkan menu makan siang bergizi lengkap dan seimbang hanya dalam satu masakan, coba saja resep cah jamur wortel dari Dapur Umami ini.


Secara umum, proses menumis yang perlu Mama lakukan sama saja dengan resep sebelumnya. Bedanya, Mama wajib menambahkan air, telur, garam kental, dan SAORI® Saus Tiram untuk menghadirkan bumbu khas oriental. Adapun pilihan jenis jamurnya, sesuaikan saja dengan apa yang Mama dan keluarga sukai.


Oh ya, kalau Mama butuh juga resep tumis jamur lezat yang lain, Dapur Umami masih punya lho!


Ide Resep Jamur Kuah Hangat untuk Makan Malam

Malam-malam memang paling enak makan yang kuah-kuah. Kalau Mama punya pemikiran yang sama dengan Dapur Umami, sejumlah ide ini bakal jadi pilihan terbaik.


Sapo Tahu Jamur

Kuah kental berwarna ini jadi salah satu menu favorit di resto-resto oriental. Mama dapat mengolahnya untuk membuat malam bersama keluarga jadi lebih spesial.


Rasa dan tekstur khas kuahnya bisa Mama dapatkan dari campuran air, SAORI®, dan larutan tepung maizena. Sementara untuk membuat sajian ini kaya gizi, Mama sebaiknya tak mencukupkan diri hanya memasukkan jamur. Tambahkan juga tahu, dada ayam, serta sawi putih. 


Capcay Jamur

Kalau sebelumnya Mama sering beli capcay di pedagang yang sering keliling komplek, sesekali boleh dong bikin sendiri. Bahan dan bumbunya lebih bebas untuk Mama kreasikan. Mama dapat mencampurkan jamur hioko, jamur kancing, jamur tiram, dan jamur kuping secara bersamaan dalam capcay full jamur ini. 


Untuk tambahan sayurannya dapat Mama sesuaikan dengan selera, yang pasti sih bumbu penyedapnya harus pakai Sajiku® Bumbu Capcay. Varian Sajiku® ini diracik khusus untuk pecinta capcay.


Bakso Jamur Sapi

Hayo, siapa disini yang suka makan bakso? Penasaran kan bagaimana jadinya kalau jamur menjadi salah satu bahan adonan bakso? Puaskan saja rasa penasaran Mama dengan mengolah resep bakso jamur ini.


Cara membuatnya sama seperti membuat bakso pada umumnya. Bedanya, dalam adonannya Mama wajib menambahkan potongan jamur dan penyedap favorit Masako® Rasa Sapi. Saat baksonya matang, Mama dapat menyajikannya dengan kuah dan soun.


Mama masih bingung step by step mengolah jamur kuah? Baca saja penjelasan detailnya di resep jamur kuah gurih Dapur Umami.


Ide Resep Camilan Jamur Crispy untuk Hidupkan Suasana

Beberapa waktu belakangan, jamur crispy tampak cukup populer sebagai camilan favorit sebagian orang. Kalau Mama termasuk di dalamnya, Mama dapat berkreasi dengan ide-ide camilan berikut ini.


Bakwan Jamur Crispy

Kalau biasanya bakwan menggunakan aneka sayur dalam adonannya, Dapur Umami sudah menguji langsung bahwa menggantinya dengan jamur juga nikmat lho!


Mama cukup mencampurkan air, potongan jamur, serta Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan, lalu menggorengnya untuk mendapatkan camilan lezat. Kalau suka pedas, Mama dapat sekaligus siapkan sambal pedas sebagai cocolannya.


Jamur Crispy Saus Thai

Untuk ide ini, Mama wajib memilih jamur jenis enoki sebagai bahan utamanya. Bentuknya yang memanjang dapat Mama olah jadi camilan yang sekilas mirip french fries.


Sementara untuk saus thainya, bahannya memang cukup banyak. Kombinasi asin, asam, manis, dan pedas dalam satu sajian saus yang menuntut hal tersebut. Mama bisa intip proses membuat saus thai dan aneka variasi saus untuk menemani kelezatan jamur crispy di artikel kreasi resep jamur crispy Dapur Umami.


Bagaimana Ma, sudah terbayang kan betapa jamur sebagai bahan masakan tak boleh disepelekan? Mama dapat menghadirkan hidangan lezat dengan makanan bertekstur lembut yang aman untuk kesehatan ini. Kalau masih ragu, mulai saja mengeksekusi salah satu resep di atas!



Source of thumbnail: cantonese style rice with chicken mushroom by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.