Artikel & Tips Aneka Camilan Umami ala AJI-NO-MOTO®, Bikin Ngemil Tak Berhenti!
Aneka Camilan Umami ala AJI-NO-MOTO®, Bikin Ngemil Tak Berhenti!

Aneka Camilan Umami ala AJI-NO-MOTO®, Bikin Ngemil Tak Berhenti!

28 Feb 2023, 13:02

Bikin camilan gurih dan umami kini semakin mudah dengan AJI-NO-MOTO®. Tak perlu waktu lama, Mama bisa menyiapkan camilan siap santap yang bikin keluarga di rumah enggan berhenti mengunyahnya. 


Mulai dari sajian goreng, tumis, hingga panggang, Dapur Umami punya idenya. Mama tinggal eksekusi saja, karena semua resep ini sudah teruji lezatnya. Penasaran dengan ide-idenya? Yuk kita cek satu per-satu, Ma!


Resep Chicken Egg Roll

Jadi camilan? Oke. Jadi lauk makan? Oke juga. Ya, resep ini memang serbaguna, Mama bisa eksekusi untuk berbagai tujuan sekaligus.

Cara bikinnya juga mudah. Mama hanya perlu siapkan telur dadar dan isiannya. Untuk telur dadar, olah dengan cara yang bisa Mama buat. Sementara untuk isiannya, siapkan dari campuran daging ayam halus, tahu, tepung tapioka, telur, gula, wortel parut, serta AJI-NO-MOTO®.


Haluskan adonan isian, lalu taruh di dalam telur dadar. Kemudian, kukus sampai matang, angkat, potong-potong, dan goreng di dalam minyak panas sampai warnanya kuning keemasan. 

Agar semakin nikmat saat menyantap resep chicken egg roll ini, Mama juga dapat menyiapkan saus cocol mayonaise, tomat, atau pedas. Sesuaikan saja dengan selera.


Resep Ceker Ayam Balado

Sekarang, jajanan dengan bahan utama ceker cukup menjamur di beberapa daerah di Indonesia. Sebagian dari Mama juga mungkin pernah mencoba kelezatannya. Kini, Mama bisa membuat jajanan ceker sendiri di rumah. Tentu, dengan bahan yang lebih higienis dan spesial! Coba yuk!


Hal yang paling penting dalam sajian ini adalah bumbu baladonya. Mama dapat membuatnya dengan cara menghaluskan sejumlah bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, daun jeruk, serta air dengan blender. Kalau sudah, tumis bumbu ini sampai harum.


Setelah itu, baru masukkan cekernya. Tambahkan garam dan AJI-NO-MOTO® sebagai bumbu pamungkasnya. Cita rasa gurih, pedas, dan umami pada bumbu balado yang melekat pada ceker, jadi jaminan resep ceker ayam balado ini akan Mama dan keluarga sukai.


Resep Sate Taichan

Meskipun namanya ala-ala Taichan, Mama wajib tahu kalau sate taichan ini sebenarnya sate khas Indonesia juga. Popularitasnya menguat sejak jadi salah satu jajanan favorit anak muda di Jakarta. Namun tentu saja, ada beberapa hal yang khas dari sate ini dan Mama bisa uji rasanya dengan mencoba resep dari Dapur Umami.


Bahan-bahan satenya normal saja seperti sate umumnya. Gunakan daging ayam dengan potongan dadu, lalu marinasi sekitar 15 menit dengan garam, perasan jeruk nipis, dan AJI-NO-MOTO®. Setelah itu, tusuk dengan tusukan sate lalu panggang sampai matang.


Sementara untuk sambalnya, Mama perlu menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah serta, tomat. Saat sedang menumis, tambahkan garam dan AJI-NO-MOTO®. Mama bisa tuangkan sambal ini ke dalam sate untuk menyempurnakan resep sate taichan ini.


Resep Rempeyek Kacang

Sebagian dari Mama mungkin ada yang hobi makan camilan gurih dengan tekstur kriuk khas keripik atau kerupuk. Kalau Mama salah satu diantaranya, cobain resep rempeyek kacang yuk! Camilan yang mudah ditemui di daerah Jawa dan Sumatera ini bisa Mama stok untuk persediaan camilan berhari-hari.


Adonan rempeyek ini cukup banyak, tapi cara membuatnya relatif praktis. Mama dapat mencampurkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, kemiri, dan ketumbar bubuk dengan sejumlah bahan lainnya. Bahannya antara lain tepung tapioka, tepung beras, kacang tanah, telur, daun jeruk, santan, garam, dan AJI-NO-MOTO®.


Kalau semua bahan adonan sudah tercampur rata, Mama dapat menggorengnya dengan minyak panas. Ketika warnanya berubah kecoklatan, angkat dan tiriskan. Jika Mama membuat resep rempeyek kacang agak banyak, jangan lupa taruh di wadah tertutup agar tekstur kriuk dari rempeyek tetap awet. 


Kunci gurih dari berbagai resep camilan di atas terletak pada AJI-NO-MOTO®. Karenanya, Mama perlu memastikan penyedap ini ada pada saat proses pengolahannya.  

Oh ya, meskipun camilan di atas enak-enak, tapi tetap kontrol konsumsinya ya! Bagaimanapun, yang namanya berlebihan itu kurang baik. Mama perlu imbangi dengan aneka masakan gurih dan sehat dari AJI-NO-MOTO lainnya yang dapat Mama eksplorasi di situs Dapur Umami. 




Source of thumbnail: deep fried chicken roll white wooden surface by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.