Artikel & Tips Inspirasi Olahan Umami ala AJI-NO-MOTO® untuk Menu Sehari-hari
Inspirasi Olahan Umami ala AJI-NO-MOTO® untuk Menu Sehari-hari

Inspirasi Olahan Umami ala AJI-NO-MOTO® untuk Menu Sehari-hari

28 Feb 2023, 12:02

Siapa sih yang nggak senang kalau keluarganya di rumah selalu lahap makan setiap hari? Dapur Umami yakin, Mama termasuk orang yang senang kan kalau bisa membuat keluarga senantiasa makan penuh selera? Kalau jawabannya ‘iya’, pastikan untuk tidak melewatkan AJI-NO-MOTO® dalam setiap masakan.


Penyedap spesial yang sudah eksis sejak 1909 ini dapat menghadirkan rasa umami yang ngangenin. Bikin olahan makanan jadi ekstra lezat. Namun agar tak kehabisan ide olahan dengan AJI-NO-MOTO®, Mama perlu stok ide. Kali ini, Dapur Umami bakalan bagi-bagi idenya!


Ide AJI-NO-MOTO® untuk Sarapan Istimewa 

Sarapan lebih semangat dengan AJI-NO-MOTO®, bisa Mama wujudkan dengan mengolah berbagai makanan berikut ini!


Sushi Umami

Ide yang dijamin nggak monoton. Dengan menghadirkan sushi khas Jepang yang mungkin baru bagi sebagian Mama, keluarga pasti lebih semangat. 


Untuk sajian istimewa ini, Mama hanya mengeluarkan sedikit effort. Selain nasi, Mama cukup mempersiapkan telur dadar dan nori. Paling, agar lebih bervariatif, saat mengolah telur dadar Mama campurkan bahan lain seperti daun bawang, wortel, dan cabai merah. Oh ya, jangan lupa AJI-NO-MOTO®.


Pizza Bolognese

Kalau Mama punya tujuan khusus untuk meningkatkan nafsu makan si kecil, cobain deh resep pizza ini. Look dan rasa makanan ala Italia ini sama-sama menggugah selera!


Bikinnya nggak terlalu ribet, karena untuk dough Mama cukup menyiapkan roti tawar. Sementara topping dan sausnya, dapat Mama olah dari tumisan bahan-bahan seperti bawang bombay, bawang putih, daging giling, pasta tomat, garam, gula pasir, oregano daun thyme, AJI–NO-MOTO®, dan lainnya.


Tahu Tek Surabaya

Mau sarapan dengan menu nusantara yang lebih akrab di lidah? Gampang. Dapur Umami punya banyak ide, salah satunya tahu tek surabaya yang legendaris. Mau coba?


Tahu dalam olahan ini perlu Mama siapkan dengan menggorengnya bersama telur kocok. Untuk sambal kacangnya, selain kacang tanah, bahan wajib dari sajian ini adalah petis, gula aren, dan AJI–NO-MOTO®. Saat tahu dan sambal kacangnya siap, Mama dapat menatanya nanti bersama tauge dan potongan lontong.


Kalau Mama butuh penjelasan yang lebih detail mengenai resep-resep untuk sarapan di atas, mampir ke artikel masakan AJI–NO-MOTO® untuk sarapan.


Ide AJI-NO-MOTO® untuk Makan Siang Penuh Semangat

Lahap saat makan siang itu kewajiban. Kalau nggak lahap dan makannya sedikit, produktivitas Mama dan keluarga bisa terganggu. Jadi, gunakan AJI–NO-MOTO® dalam sejumlah resep berikut ini agar semua semangat makan!


Nasi Liwet Teri

Saat ini Mama mungkin tinggal di kota. Namun tak ada salahnya membawa sajian dengan nuansa ‘kampung’ seperti nasi liwet Sunda ke rumah. Nasi ini berpotensi jadi juara di hari keluarga.


Untuk mendapatkan rasa dan aroma khas liwet, Mama perlu menambahkan sejumlah rempah dan bumbu saat menanak nasi. Selain teri, bawang merah dan bawang putih, rempah wajibnya adalah daun salam, serai, dan cabai merah. Untuk masalah bumbu, cukup serahkan pada AJI–NO-MOTO®. Pasti nikmat!


Ayam Taliwang

Olahan ayam khas Lombok ini bisa Mama sajikan sekaligus bersama nasi liwet. Meski sebenarnya, bersama nasi biasa pun tak mengapa, tetap lezat kok.


Pengolahan ayam taliwang adalah dengan cara panggang. Sebelum memanggangnya, Mama perlu menyiapkan bumbunya yang terdiri dari aneka rempah. Ada bawang putih, kemiri, cabai merah, cabai rawit, terasi, hingga gula merah. Semua bumbu ini Mama tumis ya! Oh ya, pastinya ada AJI–NO-MOTO® juga.


Resep Empal Gentong

Jika Mama lebih prefer untuk menghadirkan sajian makan siang kuah yang segar-segar sebagai moodbooster selera makan, cobain empal gentong nih. Makanan khas Cirebon ini kayaknya bisa memenuhi ekspektasi makan siang Mama deh.


Di tempat asalnya, masakan ini diolah di gentong (wadah besar dari tanah liat). Namun, tak mesti demikian jika Mama mau mengolahnya. Hal terpenting, kuahnya Mama olah dengan bumbu dan rempah yang tepat. 


Selain AJI–NO-MOTO®, ada kemiri, jahe, kunyit, kapulaga, daun jeruk, daun salam hingga kayu manis yang memberi rasa aroma spesial. Banyak memang, tapi rasanya pasti memuaskan. Selengkapnya tentang aneka resep makan siang di atas, dapat Mama baca di tulisan kami yang lain seputar ide AJI–NO-MOTO® untuk makan siang spesial.


Ide AJI-NO-MOTO® untuk Makan Malam yang Mengesankan

Pastinya, AJI–NO-MOTO® juga dapat membantu makan malam yang Mama lalui bersama keluarga lebih berkesan. Rasa gurih dan umami-nya yang membekas, jadi alasan penyedap ini mampu membuat keluarga kangen dengan masakan Mama berikut ini.


Cwie Mie Malang

Kalau Mama sering makan mie ayam, pasti akan agak familiar dengan cwie mie malang ini. Walaupun meski sepintas mirip, sebenarnya ada sejumlah perbedaan di antara kedua hidangan. Misalnya, cwie mie penyajiannya mirip mie yamin, kuah dan mie terpisah. 


Selain menyiapkan mie dan pangsit, Mama wajib menyiapkan kuah dan bumbu ayamnya. Kuahnya hanya terdiri dari campuran air, garam, dan AJI–NO-MOTO®. Sementara bumbu ayamnya, bisa Mama dapatkan dari tumisan ayam cincang bersama bahan lain seperti bawang putih, jahe, saus tiram, garam, serta gula.


Bakmi Jawa

Kalau bakmi jawa, 100% cocok buat Mama yang ingin menyajikan olahan mie yang menggunakan banyak sayuran dalam penyajiannya. Sayuran yang biasanya ada pada bakmi jawa antara lain sawi, kol, dan tomat. Mama dapat mencampurkannya bersama mie. 


Adapun bumbu dan rempahnya cukup banyak, antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kecap manis, dan AJI–NO-MOTO®. Oh ya, ada telur kocok juga yang bisa Mama masukkan saat mie dan sayur sedang direbus.


Mie Kocok

Tampaknya Mama tak asing dengan mie kocok kan? FYI, nama mie kocok itu filosofinya dari proses penyajian mie yang dikocok-kocok dulu dalam wadah berbahan logam dengan lubang di air panas. Tapi karena Mama bukan penjual mie kocok, Mama bisa membuatnya dengan lebih sederhana.


Rasa yang bikin spesial dari mie kocok biasanya dari kuah kaldu sapinya. Mama bisa campurkan kuah tersebut dengan garam dan AJI–NO-MOTO® supaya makin lengkap. Selain mie, bahan penyajian lain dalam hidangan ini ada tauge, kikil/daging sapi, serta bakso.


Untuk mendapatkan proses lebih lengkap dari olahan-olahan kuah di atas, cek saja resep AJI–NO-MOTO® untuk makan malam.


Ide AJI-NO-MOTO® untuk Camilan Anti Bosan

Butuh camilan untuk memadamkan kebosanan? Coba gunakan AJI–NO-MOTO® dalam ide camilan praktis berikut ini!


Ceker Ayam Balado

Sekarang lagi musim nih orang ngemil olahan ceker ayam. Mama bisa bikin sendiri lho di rumah!

Dapur Umami sarankan Mama untuk pakai sambal balado untuk membalut ceker. Warna merah sambal bisa Mama dapatkan dari cabai merah dan cabai rawit yang ditumis. Ceker ayamnya dapat Mama campurkan saat masih menumis sambal di wajan agar meresap. Pastinya, gunakan AJI–NO-MOTO® sebagai penyedap sambal.


Rempeyek Kacang

Kalau camilan yang satu ini, kelebihannya bisa Mama stok untuk berhari-hari. Gurih, kriuk, dan rasanya yang lebih ringan bakal bikin ketagihan.


Adonan rempeyek ini gampang bikinnya. Mama hanya perlu mencampurkan tepung beras, tepung tapioka, kacang tanah, daun jeruk, telur, santan, garam, dan AJI-NO-MOTO®. Campurkan semuanya dengan bumbu halus, bentuk, lalu goreng dan tunggu matang. Mudah deh!


Selain dua ide di atas, ada resep camilan dengan AJI-NO-MOTO® lain yang mungkin bakal Mama sukai di Dapur Umami.


Dengan AJI-NO-MOTO®, masakan yang kelihatannya sulit jadi mudah untuk Mama olah! Tentu, dengan rasa umaminya yang tak tertandingi!





Source of thumbnail: rice noodles bowl curry paste with chili cucumber by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.