Artikel & Tips Ide Sajian Makan Siang dengan AJI-NO-MOTO® yang Gurihnya Tak Tertandingi
Ide Sajian Makan Siang dengan AJI-NO-MOTO® yang Gurihnya Tak Tertandingi

Ide Sajian Makan Siang dengan AJI-NO-MOTO® yang Gurihnya Tak Tertandingi

28 Feb 2023, 13:02

Selera atau nggak selera, makan siang itu tetap wajib. Faktanya, tubuh membutuhkan berbagai nutrisi untuk menunjang aktivitas produktif Mama dan keluarga pada siang hari. AJI-NO-MOTO® sebagai penyedap rasa legendaris dapat membantu makan siang selalu berselera dengan rasa umaminya.


Dapur Umami punya aneka hidangan dengan tambahan bumbu AJI-NO-MOTO® yang dapat jadi andalan Mama. Resep-resep tradisional ala Nusantara disulap menjadi hidangan yang lebih gurih dan menggugah. Bukan tak mungkin, Mama dan keluarga jadi semangat nambah porsi dengan aneka resep ini!


Resep Nasi Liwet Teri

Bagi yang pernah mencoba lezatnya nasi liwet ala resto Sunda, pasti tahu dong seberapa lezat hidangan ini? Apalagi, kalau menyantapnya dengan menu-menu lain dalam kondisi masih hangat. Mama bisa mencobanya lho di rumah dengan alat dan bumbu yang lebih simpel.


Tak perlu pakai kastrol, sebenarnya nasi liwet juga dapat Mama olah dengan rice cooker elektrik. Dalam rice cooker, taruh beras, santan, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, serai, daun salam, daun kemangi, ikan teri, serta AJI-NO-MOTO®. 


Kemudian, tutup rice cooker dan tunggu resep nasi liwet teri ini matang. Mama dapat menyajikannya dengan lauk lain seperti ayam goreng, bebek goreng, tahu dan tempe goreng, atau ikan. Semakin nikmat lagi kalau Mama siapkan sambal pedas dan aneka lalapan. Khas sunda banget!


Resep Empal Gentong

Kalau yang Mama cari untuk makan siang adalah hidangan segar dan kaya rempah, empal gentong khas Cirebon ini wajib masuk dalam list masak Mama hari ini. Kuahnya siap membombardir mulut Mama dengan cita rasa yang kuat dan kaya. Percaya deh!


Agar bau amis pada daging benar-benar hilang, Mama dapat merebus dulu dagingnya secara terpisah bersama daun jeruk, daun salam, serta serai. Saat daging empuk, Mama bisa buang airnya. Kalau masih belum puas karena aroma amisnya masih tersisa, boleh ulangi proses ini dua kali. 


Kalau sudah, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, serta kunyit. Kemudian, masukkan lengkuas, kayu manis, kapulaga, daun jeruk, daun salam, serai, cengkeh, serta daging. Aduk-aduk rata, lalu masukkan air dan biarkan sampai air mendidih. 


Terakhir, taburkan AJI-NO-MOTO® dan santan. Aduk-aduk lagi dengan api kecil, lalu sajikan bersama pelengkap. Lontong, bawang goreng, jeruk nipis, adalah beberapa pelengkap yang cocok untuk resep empal gentong ini.


Resep Garang Asem Ayam

Kalau Mama kurang selera dengan sajian kuah daging sapi, coba hidangan yang satu ini. Garang asem dengan cita rasa asam pedas khas Jawa Tengah yang menggunakan ayam sebagai sumber proteinnya. Cara membuatnya sedikit lebih praktis dari empal gentong.


Mama dapat memulai prosesnya dengan merebus ayam hingga matang, sisihkan. Namun, kaldunya jangan dulu dibuang ya!

Setelah itu, siapkan wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, serta cabai merah. Ketika harum, tuangkan kaldu ayamnya. Aduk sebentar, lalu masukkan juga potongan ayam, tomat, belimbing hijau, garam, AJI-NO-MOTO®, serta susu cair rendah lemak.


Sisanya, Mama hanya perlu menunggu airnya sedikit surut, lalu sajikan resep garang asem ayam ini bersama nasi hangat. Dijamin lezat!


Resep Ayam Taliwang

Siang-siang makan ayam panggang kayaknya enak ya Ma? Jika Mama setuju, coba deh resep ayam taliwang khas Lombok ini. Dapur Umami punya bocoran bahan dan bumbu terbaik yang bisa Mama olah sendiri di rumah. Mau?


Proses membuatnya dapat Mama mulai dengan menyiapkan bumbu halusnya yang terdiri dari bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, serta terasi. Jika sudah siap, tumis bumbu halus sampai harum. Kemudian, masukkan garam, gula merah, AJI-NO-MOTO®, santan, lalu daging ayam kampung. 


Selanjutnya, masak dan tunggu sampai bumbu meresap lalu angkat ayamnya. Setelah itu, panaskan lagi sisa minyak dan goreng lagi ayam sekitar lima menit. 


Terakhir, panggang ayam dengan olesan sisa bumbu yang tersedia. Bersama nasi hangat, resep ayam taliwang siap membawa semangat di meja makan.


Tak ada masakan yang sulit dibuat, Ma! Serumit apapun prosesnya, bisa lebih sederhana dengan penyedap AJI-NO-MOTO®. Mama hanya perlu sering-sering mampir ke Dapur Umami untuk mendapatkan rupa-rupa resep masakan lezat ala AJI-NO-MOTO® yang gurihnya tak tertandingi.




Source of thumbnail: traditional nasi lemak meal composition by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.