Artikel & Tips Aneka Resep Camilan Crispy yang Sehat, Lezat, dan Praktis
Aneka Resep Camilan Crispy yang Sehat, Lezat, dan Praktis

Aneka Resep Camilan Crispy yang Sehat, Lezat, dan Praktis

28 Feb 2023, 13:02

Camilan crispy merupakan makanan favorit banyak orang di dunia. Menurut studi, suara “kriuk” bikin makanan jadi lebih gampang disukai. Kalau sudah makan camilan renyah, biasanya memang susah berhenti. Apalagi rasanya gurih.


Bahkan, sebenarnya bahan apapun dapat diolah jadi camilan crispy sederhana, termasuk yang ada di dapur Mama sekarang. Tertarik mencobanya?

Dapur Umami akan kasih resep membuat camilan sehat, lezat dan praktis untuk teman bersantai bareng keluarga.


Aneka Olahan Crispy yang Enak Buat Camilan

Berikut beberapa ide resep camilan crispy rumahan yang cara masaknya mudah banget:


1. Bakso Goreng Sehat

Cara menikmati bakso dengan cara digoreng sudah lazim di masyarakat. Makanan satu ini termasuk jajanan pasar yang cocok untuk ngemil. Tekstur bakso goreng crispy renyah karena menggunakan tepung Sajiku®. Sementara bagian dalamnya sangat lembut.


Supaya mendapatkan tekstur tersebut, coba bikin sendiri baksonya dengan panduan Resep Bakso Goreng Crispy ala Sajiku®. Bahan-bahan utama bakso yang Mama butuhkan meliputi daging giling, peterseli, serta bawang bombay. Cincang semua bahan selain daging, ya.


Untuk menghasilkan tekstur kulit crispy, campurkan tepung Sajiku® dengan air es. Di wadah terpisah, siapkan juga tepung kering sebagai pelapisnya. Langkah pertama, aduk-aduk semua bahan bakso. Boleh juga tambahkan oregano sebagai pemanis. Setelah itu, bentuk adonannya menjadi bola-bola. Masukkan terlebih dahulu bola baksonya ke adonan basah, baru kemudian ke tepung kering. Panaskan minyak, goreng sampai matang.


2. Terong Crispy Viral

Bahan camilan crispy yang kedua yaitu terong. Bagi yang tidak suka terong, kali ini pasti bakal doyan. “Alasan orang tidak menyukai terong biasanya karena saat dimasak teksturnya menjadi sangat lembek.”


Terong sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan. Jadi, seharusnya tidak ada alasan menghindari makan terong. Resep terong crispy mungkin bisa jadi alternatif cara makan terong yang enak.


Cuma butuh dua bahan untuk menyajikan camilan ini, yaitu terong ungu dan Sajiku® Tepung Bumbu. Satu buah terong bisa dipotong 10 bagian. Resep Terong Crispy Sajiku® super simpel. Kunci renyahnya menggunakan adonan basah (air es) dan kering.


Lakukan seperti resep yang pertama tadi, yaitu celupkan terong ke adonan basah, lalu lapisi lagi dengan adonan kering. Remas terongnya agar tepung menempel, ketuk-ketuk, kemudian goreng hingga warnanya kuning keemasan.


3. Mendoan Crispy

Mendengar mendoan crispy memang agak kontradiktif. Pasalnya, mendoan asli Banyumas punya ciri-ciri kulit yang lembek. Kendati demikian, di luar Banyumas banyak ditemukan mendoan yang tidak lagi mengikuti pakem. Salah satunya berkulit renyah. Dengan sedikit modifikasi Mama bisa membuat tempe crispy mendoan untuk camilan maupun lauk makan. Caranya mudah banget.

Bahan-bahan Resep Tempe Mendoan Crispy, satu papan tempe, Sajiku® Tempe Crispy, irisan daun bawang, dan air secukupnya. Iris tempenya tipis-tipis.


Di sini Mama hanya perlu membuat satu jenis adonan tepung cair. Campurkan Sajiku®, air, daun bawang, lalu aduk merata. Masukkan tempe satu persatu ke adonan, gulingkan supaya merata. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum Mama menggorengnya. “Menggoreng di minyak yang belum panas malah membuat minyaknya banyak terserap ke tempe sehingga kurang enak.” Jangan lupa sajikan bersama sambal kecap rawit.


4. Onion Ring Crispy

Jajanan crispy kekinian ini sering ditemukan di kafe-kafe. Usut punya usut, onion ring sudah populer sejak 1920-an di Amerika Serikat. Makan bawang sebagai camilan memang terkesan aneh, namun ternyata menu ini cukup bikin ketagihan. 


Secara sederhana, onion ring adalah bawang bombay tepung goreng. Bedanya, pada Resep Onion Ring Crispy kali ini tepungnya akan lebih renyah. Rahasia resepnya tentu Sajiku® Tepung Bumbu Golden Crispy. Bahan lainnya yaitu bawang bombay dan air. Iris bawangnya agak tebal ya, Ma.


Sama seperti cara masak terong crispy, Mama harus menyiapkan dua adonan tepung. Satu wadah adonan tepung basah, serta yang lainnya tepung kering. Celupkan, lalu gulingkan secara bergantian mulai tepung basah ke yang kering. Remas-remas tepungnya supaya keriting, barulah masukkan ke minyak panas.


Bikin Camilan Lebih Crispy dengan Sajiku®

Memasak camilan crispy dari bahan-bahan seadanya ternyata tidak sulit, bukan? Keluarga pasti semakin betah di rumah dan doyan ngemil sehat. Mama cuma butuh Sajiku® yang juga bisa menjadi aneka Ide Masakan Crispy lainnya.




Source of thumbnail: Fried onion rings and slices of lime by Andrés Montiel on Pexels
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.