Artikel & Tips Serba-Serbi Ide Masakan Crispy untuk Tingkatkan Nafsu Makan Keluarga
Serba-Serbi Ide Masakan Crispy untuk Tingkatkan Nafsu Makan Keluarga

Serba-Serbi Ide Masakan Crispy untuk Tingkatkan Nafsu Makan Keluarga

28 Feb 2023, 13:02

Makanan crispy atau renyah memang selalu bikin nagih. Pasalnya, suara “kriuk” yang terdengar saat makan itu ternyata bisa meningkatkan nafsu makan.

Beruntung karena di Indonesia mudah banget menemukan makanan renyah, mulai untuk lauk hingga camilan. 


Resep masakan crispy sebenarnya mudah kok. Apalagi pakai Sajiku® Tepung Bumbu. Selain praktis, renyah, rasanya juga sudah pasti lezat.

Bagi Mama yang lagi cari ide makanan renyah untuk keluarga di rumah, Dapur Umami punya banyak rekomendasi. Simak ulasannya, ya.


Aneka Olahan Crispy untuk Sarapan

Bikin sarapan pagi kadang-kadang memang merepotkan, terutama weekdays. Solusinya, masak masakan yang praktis seperti beberapa contoh resep berikut:


1. Telur Dadar Crispy

Telur dadar merupakan salah satu menu sarapan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Masaknya super simpel, serta mengandung protein tinggi.

Masalahnya, kalau sarapan telur dadar setiap hari pasti akan bosan. Jadi, Mama bisa coba membuat telur crispy ala Sajiku®.


Pertama, goreng telur dadarnya seperti biasa. Setelah itu, potong-potong beberapa bagian, celupkan ke adonan Sajiku® basah, lalu ke tepung kering.

Remas-remas agar adonan menempel, kemudian goreng. Hasilnya, telur dadar pun lebih crispy seperti yang biasanya ditemui di warteg.


2. Tempe Sajiku® Crispy

Di bawah telur dadar, tempe menempati urutan kedua sebagai lauk sarapan terfavorit. Tempe hampir selalu cocok dengan masakan Indonesia apapun. Bahkan olahan kedelai ini juga sudah terkenal sampai mancanegara, lo. Sebagai variasi, cobain renyahnya tempe goreng crispy pakai tepung Sajiku®. Cara mengolahnya sama persis seperti resep pertama. 


3. Bola-Bola Ayam Sayur

Resep masakan ayam crispy satu ini berbeda dengan ayam restoran fast food. Dengan sedikit kreativitas, maka jadilah menu bola-bola ayam sayur. Bahan-bahan yang Mama butuhkan di sini yaitu daging ayam cincang tanpa tulang, wortel, sawi putih rebus. Untuk sayurannya, potong kecil-kecil.Buat adonan dari ketiga bahan tersebut bersama tepung Sajiku®. Kemudian supaya crispy, lakukan langkah seperti pada penjelasan sebelumnya. Ketiga Resep Masakan Crispy Bergizi barusan pastinya membuat suasana sarapan semakin menyenangkan.


Lauk Pauk Crispy untuk Makan Siang

Memasuki jam makan siang, biasanya Mama punya waktu memasak lebih banyak. Oleh karena itu, beberapa resep di bawah ini patut dicoba:


4. Ikan Kakap Crispy Asam Manis

Resep fillet ikan goreng tepung crispy bukan ide yang buruk untuk makan siang. Kali ini Dapur Umami menggunakan ikan kakap merah yang kaya nutrisi. “Faktanya, kakap merah juga mengandung lemak baik yang bisa mengontrol kadar kolesterol di dalam darah.” Cara masaknya, potong dadu kakap, lalu goreng dengan adonan Sajiku® basah dan kering untuk mendapatkan kulit yang crispy. Biar rasanya tidak biasa-biasa saja, tambahkan saus asam manis khas masakan seafood ala Chinese


5. Ayam Geprek Crispy

Tahukah Mama? Resep ayam crispy geprek otentik berasal dari warung makan Bu Rum di Yogyakarta pada medio 2003. Idenya berasal dari seorang mahasiswa yang meminta Bu Rum menggeprek lauk ayam supaya tidak ribet memisahkan tulang. Saat itu, ayamnya menggunakan tepung tipis renyah dengan sambal di atasnya. Itulah kenapa menu geprek selalu pakai ayam crispy.

Makanan ini cocok untuk menu makan siang alternatif di rumah.


6. Tempe Sambal Matah Crispy

Untuk melengkapi kakap asam manis atau ayam geprek, sajikan tempe topping sambal matah. Sambal matah bersama tempe pasti jadi makanan pendamping yang enak banget buat makan siang.


Bayangkan, renyahnya tempe Sajiku®, lalu ditambah kesegaran bahan-bahan mentah bumbu matah serta pedasnya yang pas. Kira-kira Ide Lauk Pauk Crispy apalagi ya yang pasti enak? Yuk, coba berkreasi dengan Sajiku® Tepung Bumbu.


Makan Malam Praktis dengan Masakan Crispy

Malam hari sebelum tidur sebaiknya perbanyak makan sayur. Untuk lauknya, Mama bisa pilih antara ayam, kulit ayam atau lele goreng. Ini resepnya:


7. Ayam Goreng Crispy ala Restoran Fast Food

Kalau sarapan tadi sudah bikin bola-bola ayam sayur, lalu siangnya ayam geprek, untuk makan malam masak yang simpel saja. Kali ini coba bikin ayam goreng crispy seperti di restoran fast food


Apakah itu ada bumbu rahasianya? Mungkin memang ada, tetapi sekarang cukup pakai Sajiku® Tepung Bumbu Golden Crispy. Lapisi tepung tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mulai dari kering, adonan basah lalu kembali gulingkan ke adonan kering. Jangan lupa remas-remas ayamnya di langkah terakhir agar tepungnya keriting.


8. Kulit Ayam Kriuk Tahan Lama

Kulit ayam crispy belakangan jadi menu yang banyak disukai. Kenapa bisa begitu? “Alasan kulit ayam sangat disukai yaitu karena terkandung banyak lemak di sana sehingga rasanya jadi gurih.”


Sajiku® Golden Crispy memudahkan Mama bikin tekstur kulit ayam yang super renyah. Untuk tambahan perasa, sebelum dimasukkan ke tepung bumbui dulu kulit ayam dengan bubuk cabai. Terakhir, sajikan bersama taburan bumbu barbeku.


9. Lele Goreng Crispy

Lele goreng identik dengan menu pecel lele Lamongan. Biasanya disajikan bersama sambal tomat, lalapan, tempe, tahu. Untuk variasi, biasanya orang-orang membuat lele gorengnya jadi kremes atau crispy. Mau coba juga? Resep lele tepung crispy simpel banget. Cukup menggunakan Sajiku® Tepung Bumbu basah dan kering. “Tips mengolah lele agar tidak amis, rendam di air garam yang dicampur jeruk nipis kurang lebih 10 menit.” Dengan tiga ide barusan, Persiapan Makan Malam Crispy Lebih Praktis.


Camilan Crispy yang Lezat, dan Praktis

Di sela-sela kesibukan atau saat sedang bersantai di rumah, Mama juga bisa membuat camilan sendiri yang praktis. Ide resepnya sebagai berikut: 


1. Bakso Goreng Sehat

Bakso adalah bahan makanan yang sangat fleksibel. Diolah jadi apapun hampir tidak pernah gagal, termasuk bakso goreng crispy untuk camilan. Kalau tidak sempat beli bakso siap olah, tetapi punya stok daging sapi, bikin saja bakso sendiri. Caranya mudah, kok. Bahan-bahannya daging giling, bombay cincang, peterseli, serta oregano. Campur semua bahan pakai tangan, kemudian bentuk menjadi bola-bola bakso. Goreng bakso dengan tepung basah dan kering seperti biasa.


2. Mendoan Crispy

Dari arti namanya saja, mendoan seharusnya adalah tempe goreng lembek. Akan tetapi, orang Indonesia memang suka memodifikasi masakan di dapur. Lagi pula bikin mendoan crispy juga tidak kalah enak. Sensasi makannya malah jadi semakin menggugah selera. Cara masaknya bisa Mama intip lagi seperti beberapa resep sebelumnya. Intinya, kunci masakan crispy yaitu Sajiku® Tepung Bumbu. Hanya saja, kalau menggoreng mendoan crispy pastikan minyaknya sudah benar-benar panas.


3. Onion Ring Crispy

Resep terakhir, onion ring. Ini adalah jajanan crispy kekinian yang banyak dijajakan di kafe-kafe. Tentu saja bukan makanan khas Indonesia. Bawang bombay goreng tepung berasal dari Amerika Serikat. Soal bumbu crispy sudah bukan jadi rahasia lagi. Namun, yang perlu jadi perhatian yaitu cara memotong bawangnya. Sesuai nama onion ring, maka potongan bawang bombay harus melingkar berbentuk cincin. Silakan coba sendiri Resep Camilan Crispy lainnya, yang pasti bikin nagih.


Makanan Crispy Selalu Jadi Favorit

Kesimpulannya, orang Indonesia tidak bisa lepas dari makanan gurih dan juga renyah. Segala macam masakan, terutama gorengan pasti bisa menjadi olahan crispy. Mama bebas berkreasi menggunakan Sajiku® Tepung Bumbu.





Source of thumbnail: corn flakes breaded deep-fried crispy shrimps by from_my_point_of_view on Canva Pro
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.