Artikel & Tips Persiapan Makan Malam Lebih Praktis dengan Ide Masakan Crispy Dapur Umami
Persiapan Makan Malam Lebih Praktis dengan Ide Masakan Crispy Dapur Umami

Persiapan Makan Malam Lebih Praktis dengan Ide Masakan Crispy Dapur Umami

28 Feb 2023, 13:02

Makan ayam crispy di waktu makan malam ternyata punya banyak manfaat, lo. Pasalnya, daging ayam merupakan salah satu sumber protein tinggi. Asupan protein sebelum tidur berguna dalam pembentukan massa otot. Ini juga berlaku untuk bahan makanan lain seperti ikan, telur atau produk kedelai.


Di sisi lain, resep masakan crispy bisa bikin lebih bersemangat makan. Kombinasi sehat dan lezat tentu jadi kriteria menu yang patut dicoba. Kali ini Dapur Umami sudah rangkum beberapa ide resepnya.


Ide Resep Masakan dengan Tepung Crispy Sajiku®

Berikut olahan ayam, kulit ayam dan lele goreng crispy untuk makan malam bareng keluarga di rumah:


1. Ayam Goreng Crispy ala Restoran Fast Food

Ayam goreng tepung crispy yang dijual di berbagai restoran fast food mulai eksis pada abad ke-18 di AS. Seiring waktu, muncul merek ayam goreng tepung yang sekarang terkenal di seluruh dunia itu. Namun, harganya memang tidak murah.


Untungnya, Mama bisa bikin sendiri ayam crispy versi rumahan dengan pakai Sajiku® Tepung Bumbu Golden Crispy. Cara membuat ayam crispy dengan tepung Sajiku® mudah banget. Cuma butuh dua bahan utama serta waktu memasak sekitar 15 menit.


Bahan Resep Ayam Goreng Golden Crispy yaitu potongan ayam dan tepung Sajiku®. Pisahkan tepung bumbu basahnya, ya. Kalau sudah, siapkan potongan ayam yang mau digoreng. Teknik rahasianya, masukkan ke bumbu kering dulu, lalu bumbu basah dan balur lagi dengan bumbu kering. “Tiga lapis tepung bumbu tersebut membuat ayam goreng jadi semakin crispy keriting ala restoran fast food.”


2. Kulit Ayam Kriuk Tahan Lama

Ide masakan yang kedua yaitu kulit ayam goreng crispy. Menarik melihat bagaimana menu ini laku banget di pasaran, padahal cuma kulit. Menurut beberapa klaim, makan kulit ayam itu bahaya. Faktanya, bagian ini juga mengandung protein serta zat gizi lainnya, tetapi tidak boleh berlebihan.


Oleh karenanya, jadikan menu kulit ayam crispy sebagai salah satu pilihan, bukan untuk konsumsi setiap hari. Cara mempersiapkan Resep Kulit Ayam Crispy BBQ ala Sajiku®, pertama-tama keringkan kulit pakai tisu. Setelah itu, potong-potong sesuai kebutuhan.


“Sebelum diolah, kulit ayam harus bersih dari bulu maupun kotoran.” Bumbu kulitnya sederhana saja: bubuk cabai. Lumuri semua bagian kulit secara merata, baru kemudian masukkan ke adonan tepung Sajiku®. Seperti biasa, buat dua jenis adonan tepung dan lapisi kulit ayam tiga kali seperti proses resep yang pertama tadi. Goreng sampai kulit berwarna keemasan.


3. Ayam Crispy Jeruk Purut

Bosan makan ayam goreng yang biasa-biasa saja? Coba kasih sedikit pembeda berupa parutan kulit jeruk purut. Mama pasti penasaran, apa efek menambahkan kulit jeruk purut pada masakan? Jawabannya, ini adalah penyedap rasa alami. Masakan akan jadi lebih kaya rasa.


Lebih spesial karena resep ayam crispy ini menggunakan Sajiku® Golden Crispy. Yang perlu Mama siapkan untuk membuat Resep Ayam Crispy Jeruk Purut yakni parutan kulit jeruk purut. Campurkan itu ke adonan basah tepung Sajiku®.


Prosesnya masih sama. Lakukan tiga tahap memberi tepung seperti penjelasan tadi. Pada langkah terakhir, remas tepung agar kulit ayamnya keriting. “Saat mau memasukkan ayam ke minyak panas, ketuk-ketuk dulu sampai tepung yang tidak menempel rontok.” Setelah matang, sajikan ayam bersama cocolan sambal, saus tomat atau mayones. 


4. Lele Goreng Crispy

Di samping daging ayam, ikan juga kaya protein sehingga cocok dimakan malam hari. Dalam contoh resep ini, Dapur Umami menggunakan ikan lele. Tahukah Mama? Lele memiliki kandungan asam lemak omega-3. Katanya, itu bermanfaat memperbaiki kualitas tidur. Pas banget buat makan malam.


Lele tepung crispy sendiri sudah terkenal di warung-warung makan pinggir jalan. Mau tahu rahasia resepnya? Tidak lain bumbunya cuma tepung Sajiku®. Cara masak Resep Lele Crispy Sajiku®, siapkan lele yang isi perutnya sudah dikeluarkan. Bersihkan juga patilnya.


Buat adonan tepung cair pakai air es supaya hasil gorengannya renyah. Gunakan sisa tepungnya untuk adonan kering. Teknik membalurkan tepungnya sama saja, Dapur Umami tidak akan mengulang penjelasan lagi. Terakhir, goreng di minyak panas hingga tepungnya keemasan. Sebagai pelengkap, sajikan lele crispy dengan sambal ulek dan lalapan.


Masakan Crispy Praktis dan Mudah

Kesimpulannya, ternyata mudah banget bikin masakan crispy karena sudah ada tepung Sajiku®. Sebaiknya pilih daging ayam, ikan, telur, atau apapun yang menjadi sumber protein. Untuk menu sarapan atau makan siang, cari tahu Ide Masakan Crispy lainnya.




Source of thumbnail: Close up on fast food still life on Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.