Artikel & Tips Ide Lauk Pauk Crispy untuk Makan Siang Lebih Berenergi
Ide Lauk Pauk Crispy untuk Makan Siang Lebih Berenergi

Ide Lauk Pauk Crispy untuk Makan Siang Lebih Berenergi

28 Feb 2023, 13:02

Lauk makan crispy cocok banget buat recharge energi di siang hari. Apalagi ditambah saus sambal yang pedasnya bikin ketagihan. Makanan gurih memang bisa jadi trik agar lebih bernafsu makan. Akan tetapi, jangan sampai kalap. Tetap perhatikan porsi makan dan nutrisinya.


Masalahnya, kekenyangan saat makan siang justru menyebabkan ngantuk hingga sulit konsentrasi. Butuh ide resep lauk crispy yang porsinya pas? Silakan Mama coba beberapa resep dari Dapur Umami.


Cara Membuat Aneka Lauk Crispy yang Lezat

Di bawah ini rekomendasi menu lauk makan siang crispy dari bahan-bahan yang kaya akan protein:


1. Ikan Kakap Crispy Asam Manis

Salah satu kreasi masakan asam manis ala Tionghoa adalah resep fillet ikan goreng tepung crispy kakap. Kakap berprotein tinggi. Selain itu, dalam satu porsi olahan kakap juga mengandung banyak mineral serta vitamin yang bermanfaat.


Proses masak Resep Kakap Crispy Asam Manis relatif cepat. Namun, sebelum itu Mama harus marinasi kakapnya dulu pakai bawang putih, garam, merica, dan air. Sambil menunggu selesai, siapkan adonan tepung terigu basah serta tepung kering dari campuran terigu dan sagu.


“Pembuatan tepung basah menggunakan air es supaya hasilnya crispy.” Angkat fillet kakap dari rendaman, masukkan ke tepung basah terlebih dahulu, kemudian balurkan ke tepung kering. Goreng sampai matang.


Sekarang buat bumbu asam manisnya dengan SAORI® Saus Asam Manis. Tuangkan air dan bahan tambahan lain seperlunya. Aduk hingga mengental. Saus siap disajikan bersama kakap goreng crispy yang lezat. 


2. Ayam Geprek Crispy

Geprek merupakan variasi resep ayam crispy sangat digemari masyarakat. Mungkin karena geprek bercita rasa pedas serta cara makannya praktis. Terlepas dari itu, ayam adalah sumber protein hewani yang bagus. Wajar kalau jadi favorit orang-orang. 


“Untuk geprek, sebaiknya pilih bagian paha atau dada ayam yang banyak dagingnya.” Khusus menu kedua ini, Mama butuh cobek untuk menggeprek ayam dan mengulek sambal.

Bahan-bahan Resep Ayam Geprek Crispy meliputi ayam, Sajiku® Golden Crispy. Kemudian sambalnya terdiri dari bawang, cabai, rawit, tomat, jeruk nipis.


Lapisi ayam dengan tepung sebanyak tiga kali. Pertama, tepung Sajiku® kering, celupkan ke tepung basah, kemudian kembali ke tepung kering. Setelah matang, letakkan ayamnya di atas cobek, lalu geprek! Untuk sambal, ulek semua bahan tadi secara manual. Jika sudah, tambahkan sedikit minyak goreng panas. Sajikan geprek hangat-hangat bersama nasi.


3. Tempe Sambal Matah Crispy

Ini bukan mendoan yang lembek itu, melainkan tempe crispy dengan tekstur kulit sangat renyah. Kelihatannya mirip tempe goreng biasa, tetapi resep ketiga ini spesial karena menggunakan Sajiku® Tepung Tempe Crispy.


Langkah memasak Resep Crispy Tempe Sambal Matah yang pertama, cairkan tepung Sajiku® dengan air es. Iris tempe tipis-tipis atau sesuai selera, masukkan ke bumbu basah dan goreng. Angkat ketika warna tempe mulai kuning keemasan.


Setelah tempe siap, selanjutnya mari bikin sambal matah. Potong semua bahan mentah mulai rawit, bawang merah, daun jeruk, dan sereh. Aduk-aduk semua bahan tanpa ulek, sambil Mama menuangkan garam, perasan nipis, terasi, juga minyak goreng.


Perbedaan lauk crispy tempe yaitu cuma perlu mencelupkannya sekali ke tepung basah. Setelah matang, sajikan bersama sambal matah di atasnya.


4. Ayam Crispy Saus Lemon

Masih berbahan ayam, kali ini Dapur Umami akan membahas cara membuat ayam crispy saus lemon. Pedasnya bukan dari cabai, melainkan lada bubuk. Sensasi pedas lada agak berbeda. Umumnya, lada baru terasa pedas saat sampai ke kerongkongan. Untungnya rasa tersebut dinetralkan oleh lemon.


Berhubung proses menggoreng ayamnya sama seperti resep geprek, jadi silakan intip kembali poin kedua tadi. Intinya, rahasia Resep Ayam Crispy Saus Lemon ada pada teknik menggoreng tiga lapis tepung. Kering, basah, lalu ke kering lagi. Begitu kurang lebih.


Sementara bahan saus lemonnya yaitu maizena, perasan nipis, bubuk lada hitam, sedikit madu (sesuai selera), serta garam. Aduk merata sampai airnya kental.

“Saus lemon rasanya pedas, tetapi di saat bersamaan juga segar dan asam. Pokoknya Mama pasti ketagihan kalau sudah mencicipinya.”



Cobain Makan Siang Pakai Lauk Crispy

Sudah dapat ide masakan crispy untuk makan siang bareng keluarga? Jangan khawatir soal nutrisi, semua bahan di atas merupakan sumber protein tinggi bagi tubuh. Sebagai alternatif, Mama boleh cobain berbagai Ide Masakan Crispy lainnya.





Source of thumbnail: Close-up fried chicken wings on tray with green onions on Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.