Artikel & Tips Aneka Soto Khas Indonesia yang Jadi Menu Sarapan Favorit
Aneka Soto Khas Indonesia yang Jadi Menu Sarapan Favorit

Aneka Soto Khas Indonesia yang Jadi Menu Sarapan Favorit

14 Feb 2023, 17:02

Soto nusantara pernah masuk jajaran sup terbaik sedunia menurut CNN. Dari segi penyajiannya, memang tidak salah soto masuk dalam kategori sup.


Secara umum, soto adalah makanan berkuah berisi suwir ayam atau daging lain, mi dan sayuran. Menariknya, setiap daerah Indonesia hampir memiliki versinya sendiri.


Dalam sebuah riset, terungkap bahwa Indonesia memiliki 40-an macam bumbu soto dan lebih dari 70 cara penyajian. Tertarik mencicipi soto nusantara?


Kalau iya, Mama harus tahu racikan soto paling terkenal di Indonesia, ciri khas dan cara masaknya.


Resep Soto Ayam & Daging Sapi Rumahan

Berikut ide masak soto ayam dan daging sapi yang cocok untuk menu sarapan keluarga:


1. Soto Lamongan

Rekomendasi pertama dan tidak boleh dilewatkan tentu saja soto ayam lamongan. 


Sebelum membahas Resep Soto Lamongan ala AJI-NO-MOTO®, pernah dengar soal bumbu koya? 


Topping itulah yang menjadi pembeda dalam penyajian soto lamongan. Selain itu kuahnya berwarna kuning.


“Bumbu koya adalah bubuk dari kerupuk udang yang dihaluskan dan umumnya menjadi pendamping soto.”


Pertama-tama, mari buat kuahnya dengan bawang putih, merah, kunyit, jahe, dan kemiri. Haluskan, lalu tumis bumbu tersebut bersama beberapa lembar daun jeruk dan batang serai.

Masukkan satu dada ayam utuh ke tumisan dan aduk agar meresap. Setelah itu, rebus ayam sampai airnya tersisa tiga perempat saja.


Jangan lupa kasih AJI-NO-MOTO® dan garam secukupnya, ya. Kalau sudah, tiriskan ayamnya untuk disuwir atau potong-potong kecil.

Isian soto koya lamongan yaitu ayam, soun, kol, telur rebus setengah, dan taburan koya.


2. Soto Betawi

Dari Lamongan menuju Jakarta, yang punya resep soto Betawi. Soto nusantara yang kedua ini juga sudah populer ke berbagai daerah.

Kalau Mama lebih suka soto kuah bening, silakan cari resep lain. Pasalnya, Resep Soto Betawi Masako® menggunakan santan dan kuahnya lebih kental.


Kuahnya itu gurih banget, ditambah isinya penuh seperti kebanyakan kuliner Betawi lainnya. Satu mangkuk soto berisi potongan daging sapi, jeroan, jeruk limau, emping, acar, dan lain-lain. Jadi, tanpa nasi pun sudah bikin kenyang.


Untuk cara memasak kuahnya, buat bumbu halus dari bahan-bahan bawang merah, putih, kemiri, kunyit, dan jahe. 

Setelah jadi, lanjutkan dengan memasaknya bersama serai dan lengkuas yang sudah digeprek, serta daun jeruk untuk mengharumkan masakan.


Encerkan santan agar tidak terlalu kental kemudian tuangkan ke bumbu tadi. Aduk-aduk sambil menambahkan Masako® Rasa Sapi dan garam. Terakhir, masukkan daging dan jeroannya.

Tambahkan bahan pelengkap soto Betawi di penyajian alih-alih saat proses memasak.


3. Soto Banjar

Selanjutnya, ada soto daging ayam bening yang kuahnya lebih ringan tanpa santan. Ini adalah resep turun temurun ikonik dari Kalimantan Selatan.


Seiring waktu, soto Banjar memang banyak berkembang. Beberapa orang kini menyajikannya dengan kuah keruh. Akan tetapi, hal tersebut sama sekali tidak mengubah cita rasa Resep Soto Banjar AJI-NO-MOTO.


Bumbu masakan soto Banjar terbuat dari rempah-rempah yang rasa dan aromanya kuat. Sebut saja kapulaga, pala, beberapa lembar daun salam, dan serai. Sementara, haluskan bawang merah bawang putih.


Semua bahan tersebut ditumis terlebih dahulu sebelum masuk ke rebusan air. Pertanyaannya, bagaimana bisa kuah soto Banjar bening padahal bumbunya begitu kaya? 

“Usut punya usut, pada proses memasak kuah, Mama bisa membungkus bumbu halusnya dengan kain kasa putih.”


Pada saat merebus bumbu, masukkan penyedap rasa AJI-NO-MOTO® dan garam. Gunakan juga air tersebut untuk merebus ayamnya sampai matang.


4. Soto Medan

Terakhir, Mama mungkin juga pernah mendengar soto dari Medan. Kuahnya juga bersantan dan berwarna kuning pekat.


Resep Soto Medan AJI-NO-MOTO® sendiri tidak jauh berbeda dengan cara masak soto nusantara lain. Hanya saja ada tambahan bahan, seperti bunga lawang, jeruk limau, jahe, ketumbar, dan jintan. Rempah-rempah tersebut membuat rasanya semakin mantap. Cuci bersih ya, Ma, sebelum bahan-bahannya akan kita olah.


Cara membuat soto ayam spesifiknya adalah soto dari Medan, pertama tumis bumbu halus dengan 1-2 sdm minyak goreng bawang putih, merah dan bumbu yang disebutkan tadi. Tumis dengan lengkuas, salam dan serai. Setelah itu, siap-siap masukkan ke dalam rebusan ayam.


Rebus bumbu bersama dada ayam utuh. Jika ayamnya sudah matang, angkat ayam, potong ayam, dan suwir-suwir ke kuahnya langsung.


Soto Nusantara Tidak Pernah Bikin Bosan


Kesimpulannya, beraneka soto dari berbagai daerah di Indonesia akan membuat sarapan pagi Mama dan keluarga tidak membosankan. Pasalnya, setiap resep soto nusantara punya cita rasa dan cara penyajian yang unik. Selamat mencoba!




Source of thumbnail: Chicken Soto Soup by Himawan Eko
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.