Artikel & Tips Masak Soto dari Berbagai Daerah di Indonesia dan Variasinya
Masak Soto dari Berbagai Daerah di Indonesia dan Variasinya

Masak Soto dari Berbagai Daerah di Indonesia dan Variasinya

14 Feb 2023, 17:02

Soto bukanlah sekadar kuliner khas Indonesia melainkan sudah menjadi identitas bangsa.


Berbeda dengan sup yang dimiliki berbagai negara, soto cuma ada di Indonesia. Walaupun, secara penyajian sebenarnya soto juga tergolong sup tradisional.

Makanan ini umumnya terdiri dari aneka sayuran, daging dan kuah. Yang menarik, hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki variasi masing-masing.


“Menurut sebuah jurnal, terdapat 75 jenis soto yang tercatat di Tanah Air beserta 42 variasi bahannya.”


Tertarik belajar cara masak soto dari daerah-daerah di Indonesia? Dapur Umami akan memberi beberapa contoh soto nusantara paling populer.


Aneka Soto Khas Indonesia

Terlepas dari banyaknya hasil modifikasi soto rumahan, ada beberapa resep soto otentik yang sudah sangat terkenal hingga ke daerah lain. Di antaranya sebagai berikut:


Soto Lamongan

Kurang afdal membahas Aneka Soto Khas Indonesia tanpa soto ayam Lamongan. Saking terkenalnya, bahkan Lamongan mendapat julukan ‘Kota Soto’.


Hal itu karena banyak warga setempat yang tetap mempertahankan kebiasaan turun temurun membuat dan jualan soto.


Sebenarnya, resep soto Lamongan mirip kebanyakan soto Jawa lainnya. Akan tetapi, ada cita rasa yang benar-benar unik pada soto ini.


Keunikan tersebut berasal dari kuah kuning serta topping bubuk koya kerupuk udang. Pelengkapnya meliputi soun, kembang kol, telur rebus, sambal.


Soto Betawi

Soto terkenal selanjutnya adalah soto Betawi dari Jakarta. Bedanya dengan yang pertama, resep soto Betawi bersantan.


Sebagai pengganti santan, Mama boleh saja menggunakan susu. Campuran tersebut menjadikan kuahnya creamy dan gurih.


Selain kuah, isinya ternyata juga berbeda. Soto Betawi penuh topping berlemak mulai daging, jeroan, emping, jeruk limau, acar, dan sambal. 


Makan seporsi tanpa nasi pun pastinya kenyang banget. Namun, buat yang terbiasa makan soto kuah bening, siap-siap lidahnya kaget dengan rasa soto Betawi.


Soto Banjar

Soto Banjar adalah contoh soto ayam bening yang menyegarkan. Kuahnya tidak keruh, tetapi sangat harum dan rempah-rempahnya begitu terasa.


Alasannya, bumbu soto Banjar pakai cengkeh, kapulaga, pala. Kadang-kadang ditambah pula kayu manis. Beberapa bahan tersebut menyajikan sesuatu yang spesial. 


“Beberapa orang membuat variasi kuah soto Banjar yang lebih keruh dengan menambahkan susu.”


Sebagai lauknya, soto khas Kalimantan Selatan ini disajikan bersama perkedel kentang, telur bebek rebus, kucuran jeruk nipis, serta ketupat.


Soto Ayam Spesial Gurih

Penggunaan ayam pada soto awalnya terjadi karena pasokan daging sapi dan kambing di zaman perang menurun. Seiring waktu, soto ayam mendominasi jenis-jenis soto nusantara karena ketersediaannya lebih stabil. Beberapa yang patut dicoba antara lain:


Soto Ayam Madiun

Banyak resep soto ayam khas rumahan yang mengacu soto Jawa Timur, salah satunya soto khas Madiun.


Bumbu yang simpel jadi alasan utama. Dari segi rasa juga tidak neko-neko sehingga Soto Madiun mudah diterima lidah orang Indonesia.


Resepnya sama dengan soto rumahan biasa. Bumbu halus, ditambah ketumbar, lada bubuk, Masako® Rasa Ayam, lalu rebus bersama ayam agar dapat kaldunya. Mungkin yang membedakan Resep Soto Ayam Spesial ini adalah isiannya karena menggunakan kol dan kentang. Sedangkan lauknya telur rebus. Masukkan ke dalam rebusan ayam bumbu halus tersebut. Setelah matang, angkat ayam, potong ayam kemudian suwir ayam tersebut.


Soto Ayam Kraksaan

Sejarah soto Kraksaan bermula dari sebuah warung soto yang berdiri sejak 1950. Sampai akhirnya, soto tersebut menjadi kuliner khas Kraksaan, Probolinggo.


Bumbu soto daging ayam kuning Kraksaan ini terdiri dari aneka rempah-rempah. Di dalamnya termasuk kunyit, lengkuas, kemiri, jahe, jintan, ketumbar.


Cara membuat soto ayam Kraksaan ini, Resep aslinya menggunakan kuah santan, tetapi tanpa santan pun rasanya tetap nikmat, apalagi ditambah bumbu koya khas Kraksaan.

“Koya yang dimaksud tidak seperti pada soto Lamongan, melainkan berupa kelapa parut sangrai. Sekilas, koyanya memang lebih mirip serundeng.”


Soto Ayam Sokaraja

Kemudian ada menu soto ayam Banyumas, tepatnya dari Kecamatan Sokaraja. Masyarakat setempat menyebutnya sroto Sokaraja.


Yang membuat sroto unik antara lain penyajian dengan sambal kacang alih-alih sambal rawit. Bumbu kacang lalu menghasilkan kuah yang berwarna kecoklatan.


Kemudian topping yang digunakan sangat simpel, yakni remasan kerupuk warna-warni.

Menikmati sroto Sokaraja juga lebih pas pakai ketupat, serta lauk tempe mendoan Banyumasan hangat-hangat.


Menu Soto Selain Ayam

Masakan soto ayam yang itu-itu saja mungkin bikin bosan keluarga di rumah. Solusinya, sesekali Mama masak Menu Soto Selain Ayam, seperti berikut:


Soto Mie Bogor

Semakin menjelajah aneka soto di Indonesia, semakin banyak variasi yang ditemukan. Salah satu yang paling unik yaitu soto mie khas Bogor.


Isiannya lengkap, mulai mie, daging, jeroan, hingga sayuran. Belum lagi potongan risol yang gurih dan padat. Pokoknya mengenyangkan banget.


Jika memperhatikannya lebih dekat, kuah soto Bogor juga berbeda. Warnanya agak keruh, bukan kuning melainkan agak kemerahan. 


Itu karena resep bumbu halus soto mie langsung campur cabai merah. Lapisan minyaknya pun lumayan tebal.


Kalau keluarga di rumah doyan pedas, jangan lupa buatkan sambal rawit dengan campuran cuka dan perasan jeruk nipis. 


Soto Daging Kambing

Selanjutnya, Dapur Umami akan menjelaskan cara masak soto daging kambing goreng. Tentu saja ini merupakan modifikasi alternatif soto ayam.


Bahan yang Mama butuhkan untuk resep ini adalah daging kambing rebus. Oleskan jeruk nipis ke permukaan daging untuk menghilangkan bau prengus.

Kemudian agar dagingnya empuk, usahakan rebus minimal dua kali. Setelah matang, potong-potong daging kambing, lalu goreng.


Bumbu sotonya simpel saja, bawang merah, putih, kemiri. Tumis bumbu halus tersebut dengan lengkuas dan daun jeruk. Masukkan daging, air, santan, serta AJI-NO-MOTO®.


Boleh juga tambahkan sayuran dan cabai sebagai pelengkap. 


Soto Bandung

Ciri khas resep soto daging Bandung yaitu isian lobak dan kacang kedelai. Kuah sotonya cenderung bening, namun tetap kaya rasa.


Secara visual memang kelihatan seperti sup, tetapi ini merupakan variasi soto. 


Menu ini cocok banget disantap hangat-hangat saat cuaca sedang dingin. Penyajiannya pun terbilang cepat.


Cara memasaknya, tumis irisan bawang putih, serai geprek, jahe. Tuangkan air, garam dan AJI-NO-MOTO® secukupnya. Masukkan juga daging serta isian lainnya, masak hingga matang.

Tambahkan sambal dari rawit merah untuk menikmati soto Bandung yang pedas.


Masakan Soto Unik Segar

Terakhir, silakan Mama pelajari juga aneka Masakan Soto Unik untuk menambah khazanah soto Indonesia. Berikut contoh masakannya:


Soto Kacang Merah

Buat Mama yang sedang program diet, cobain resep soto ayam spesial dengan kacang merah. Keduanya adalah sumber protein penuh manfaat.


Khususnya kacang merah, bahan makanan ini bagus untuk menurunkan berat badan karena mengandung serat tinggi. 


Akan tetapi, pastikan Mama mempersiapkan kacangnya sebelum dimasak.


“Penanganan kacang merah yang benar yaitu rendam selama empat jam. Saat memasaknya di rebusan soto pun tunggu sampai benar-benar lunak.”


Untuk bumbu tidak perlu repot, cukup pakai Sajiku® Soto Ayam biar lebih cepat.


Soto Indonesia Sangat Bervariasi

Kesimpulannya, variasi masakan soto dari berbagai daerah di Indonesia ternyata tidak terbatas. Mama bisa mengadaptasi resep tertentu kemudian mengubahnya bahan yang tersedia di rumah. Itulah kelebihan aneka resep soto nusantara dengan bumbu rempah asli Indonesia.





Source of thumbnail: Soto Betawi, the Traditional Beef in Coconut Milk Soup from Jakarta by MielPhotos2008 at Canva Pro
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.