Artikel & Tips Resep Soto Ayam Spesial Gurih, Cocok Dimakan saat Cuaca Dingin
Resep Soto Ayam Spesial Gurih, Cocok Dimakan saat Cuaca Dingin

Resep Soto Ayam Spesial Gurih, Cocok Dimakan saat Cuaca Dingin

14 Feb 2023, 18:02

Soto ayam jadi salah satu kuliner asli Indonesia sangat dikenal dari Sabang sampai Merauke. Kelezatannya bahkan sudah tersiar hingga mancanegara.


Masakan satu ini juga merakyat, mudah ditemukan di mana-mana, mulai restoran hingga warung makan di pinggir jalan. 


Kalau Mama punya waktu 30-40 menit di rumah untuk memasak, yuk, cobain resep soto daging ayam rumahan dengan racikan nusantara.


Dijamin cocok banget disantap saat hujan dan cuaca sedang dingin.


Cara Membuat Soto Ayam Spesial di Rumah

Ikuti panduan memasak aneka soto ayam spesial khas nusantara yang gampang dan praktis berikut ini:


1. Soto Ayam Madiun

Resep pertama, soto Madiun, terkenal berkat isiannya yang lengkap. Semangkuk soto Madiun berisi soto ayam suwir dengan lauk telur rebus dan sayuran.


Cita rasanya agak unik karena bumbu soto ayam kuning dari Madiun ini pakai kunyit. Kemudian di atasnya ditaburi kacang goreng.


Resep Soto Ayam Madiun ala Masako® relatif mudah buat pemula sekalipun. 


Dimulai dari membuat bumbu halus, haluskan bawang merah bawang putih, kunyit, jahe, serta kemiri (sebelumnya sudah disangrai). Haluskan bahan-bahan tersebut.


Selanjutnya, cuci bersih semua bahan. Masukkan bahan kuahnya, yaitu beberapa lembar daun jeruk, lengkuas, beberapa lembar daun salam, dan batang serai, lalu tumis semuanya. Bumbu halus siap, sekarang waktunya bikin kuah. 


Tuang air ke panci, masukkan bumbu halus, ketumbar bubuk, merica, sedikit gula, dan Masako®. Rebus ayam di sana sampai matang. 

Jika sudah, angkat dan suwir semuanya di satu wadah terpisah agar lebih mudah saat Mama hendak menyajikannya. 


2. Soto Ayam Kraksaan

Resep bumbu soto ayam Jawa Timur yang kedua adalah soto Kraksaan. Inilah menu legendaris yang bakal selalu bikin kangen berkunjung ke Probolinggo.


Sekilas kelihatan mirip soto Madiun, kuahnya sama-sama kuning tetapi bersantan. Pembeda lainnya adalah taburan koya kelapa sangrai super gurih.


Oke, mari membahas Resep Soto Kraksaan ala Masako®. Supaya kuahnya lebih ringan, kali ini Mama tidak perlu pakai santan.


Pertama, rebus ayamnya terlebih. Masukkan ke dalam rebusan ayam daun jeruk nipis agar wangi dan Masako®. Sambil menunggu mendidih, lanjutkan langkah kedua.


Tumis bumbu halus. Bahannya sama persis seperti membuat bumbu soto Madiun, termasuk kunyit. Mama boleh menambahkan jintan dan jahe.


Setelah itu, tuang bumbunya ke air rebusan ayam dan masak sampai mendidih. Ingat, masak ayam, lalu angkat ayam harus benar-benar sampai matang, ya

Soto ayam Kraksaan ini justru lebih sering disantap pakai lontong daripada nasi. Itu menjadi salah satu ciri khasnya.


3. Soto Ayam Jember

Selanjutnya, masih resep soto ayam Jawa Timur, ada pula kuliner khas Jember bernama soto Dahlok.


Usut punya Usut, menu ini asalnya dari sebuah warung makan yang sudah buka sejak puluhan tahun lalu di Jember. Resepnya pun melegenda dari generasi ke generasi.


“Ciri-ciri soto Dahlok Jember adalah penggunaan ayam kampung muda yang dagingnya lembut dan berkuah kuning tanpa santan.”


Cara masaknya, rebus dulu ayamnya di 1,5 liter air sampai empuk. Jangan buang air rebusannya karena akan dipakai untuk proses berikutnya.


Buat bumbu halus kuah kuning soto seperti biasa. Setelah itu pindahkan ke teflon dan tumis bumbunya bersama daun jeruk, salam dan lengkuas.


Aduk-aduk sampai baunya harum kemudian masukkan ke air kaldu bekas rebusan ayam tadi. Untuk penyedap, tuang Masako® Rasa Ayam secukupnya. 

Kuah soto ayam Jember selesai. Mudah banget, bukan? Kalau Mama mau tahu takaran lengkapnya, cek di Resep Soto Ayam Jember ala Masako®.


4. Soto Ayam Sokaraja

Di daftar terakhir, ada resep soto ayam bening yang jadi favorit masyarakat Banyumas. Nama masakannya soto atau sroto Sokaraja.


“Warga sekitar Banyumas dan Purwokerto biasanya menyebut soto dengan istilah sroto.”


Uniknya, penyajian sroto khas Sokaraja ini menggunakan sambal kacang, bukan sambal rawit soto biasa.


Pelengkap yang tidak boleh ketinggalan yaitu tempe mendoan hangat. Makannya pun wajib pakai ketupat.


Sudah lapar membayangkannya? Simak cara masak Resep Soto Sokaraja Sajiku®.


Rebus ayam dengan Sajiku® Bumbu Soto Ayam. Boleh menambahkan rempah seperti daun jeruk atau serai kalau mau lebih sedap. 


Bumbu racik Sajiku® bikin Mama sama sekali tidak perlu repot bikin bumbu halus. Pastinya proses memasak jadi cepat dan praktis. Isian sroto Sokaraja, biasanya soun, kecambah, suwiran ayam, kacang kedelai, dan seledri. Tuang kuahnya, tambah sambal kacang dan remasan kerupuk.


Soto Ayam Kuah Kuning Selalu Spesial

Jadi, dari manapun dari manapun asal soto ayam pasti punya cita rasa yang bikin rindu kampung halaman. Dari banyak variasi soto dari berbagai daerah Indonesia, Mama bisa bilih resep dari Jawa Timur dan Jawa Tengah di atas. 




Source of thumbnail: Free photo close up on high protein soup meal by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.