Artikel & Tips Mencicipi Resep Nasi Khas Indonesia dan Berbagai Negara di Dunia
Mencicipi Resep Nasi Khas Indonesia dan Berbagai Negara di Dunia

Mencicipi Resep Nasi Khas Indonesia dan Berbagai Negara di Dunia

18 Jan 2023, 18:01

Masyarakat Indonesia akrab sekali dengan berbagai olahan nasi karena menjadikan nasi makanan pokok dan sumber karbohidrat. Meski bukan konsumen terbesar di dunia, tetapi tingkat konsumsi nasi putih di Tanah Air tergolong tinggi.

Pada 2021 saja, statistik mencatat rata-rata orang Indonesia mengonsumsi setidaknya 0,309 kg nasi per minggu. Maka tidak heran banyak resep tradisional nusantara juga berbahan dasar nasi.


Beberapa negara di dunia pun penduduknya makan nasi. Jadi, untuk menambah wawasan, mari mengenal sekaligus mencicipi aneka resep nasi dari Indonesia dan berbagai negara.


Aneka Nasi Goreng Nusantara

Nasi goreng nusantara punya ciri khas warna kecoklatan dan rempahnya yang kaya. Itulah alasan masakan ini berada di daftar teratas makanan terenak sedunia versi CNN. Beberapa Resep Nasi Goreng Spesial Rumahan dengan Bumbu Sajiku® di Indonesia yang terkenal, antara lain:


Nasi Goreng Kampung

Nasi Goreng Kampung


Resep pertama ini menjadi benchmark nasi goreng di Indonesia. Pasalnya, resep nasi goreng kampung adalah yang paling mudah dan sering dimasak di rumah-rumah.


Warnanya kecoklatan karena menggunakan kecap manis dan penyajiannya pakai suwiran ayam, irisan kol atau telur. 


Kalau Mama bisa masak nasi goreng kampung, pasti tidak akan kesulitan membuat variasi lainnya.


Nasi Goreng Kambing

Nasi Goreng Kambing


Selanjutnya ada resep nasi goreng kambing. Salah satunya sangat melegenda di daerah Kebon Sirih, Jakarta. 


Awalnya, resep ini adalah warisan turun temurun kedai yang sudah buka sejak tahun 1958. Setelahnya tersebar ke berbagai daerah karena banyak orang yang penasaran mencoba.


Keunikan nasi goreng kambing Kebon Sirih adalah dagingnya yang empuk dan beraroma wangi. Aroma dan rasa rempahnya pun sangat kuat.


Nasi Goreng Merah

Nasi Goreng Merah


Berbeda dengan kebanyakan nasi goreng nusantara, resep dari Makassar ini punya warna merah merona.


Bukan karena pakai beras merah, tetapi nasi goreng Makassar dimasak dengan saus tomat. Sementara itu, bumbunya kurang lebih sama dengan nasi goreng kebanyakan.


Selain pedas, rasa asam manis juga cukup dominan pada nasi goreng merah.


Resep Nasi Berbumbu Tradisional

Nasi berbumbu seperti yang ada dalam artikel Aneka Menu Nasi Tradisional Indonesia untuk Makan Malam adalah yang pengolahannya langsung dengan bumbu-bumbu. Jadi, nasinya tidak hambar, melainkan terasa gurih atau manis. Indonesia punya banyak nasi berbumbu, di antaranya:


Nasi Liwet

Nasi Liwet


Nasi berbumbu ini sangat terkenal di Jawa Barat hingga Solo, Jawa Tengah. Terasa lebih gurih karena proses masaknya langsung dicampur santan dan kaldu ayam. Bumbu-bumbu tersebut membuat nasi liwet beraroma sangat wangi.


Di Indonesia, terdapat variasi resep nasi liwet Solo dan Sunda. Salah satu perbedaan keduanya yaitu jenis lauk. Pendamping nasi liwet Solo umumnya lebih beragam.


Nasi Ulam

Nasi Ulam


Olahan berbumbu selanjutnya yaitu nasi ulam. Ini merupakan warisan budaya Betawi yang tidak kalah populer dari nasi uduk.


Menurut sejarahnya, resep nasi ulam merupakan hasil akulturasi banyak budaya termasuk India, Tionghoa dan Belanda. 


Beberapa kuliner khas dari daerah lain tersebut tercampur sempurna dalam satu sajian nasi ulam.

Sedangkan untuk namanya sendiri, ulam merupakan istilah lain serundeng (bahasa Betawi).


Beberapa orang mungkin mengatakan nasi ulam berasal dari Malaysia karena mereka memang punya variasinya sendiri.


Nasi Kebuli

Nasi Kebuli


Selama ini Mama mungkin mengira resep nasi kebuli berasal dari Arab. Padahal kebuli tercatat sebagai salah satu kuliner khas nusantara.


Pandangan tersebut sebenarnya tidak 100% salah sebab nasi kebuli dibawa oleh masyarakat keturunan Arab. Menu ini hampir selalu ada di hari-hari spesial umat Islam. 


Karakteristik kebuli tidak lain nasi berbumbu kaldu yang sangat gurih. Penyajiannya menggunakan lauk daging kambing goreng hingga kurma.


Olahan Nasi dari Luar Negeri

Tiongkok, India, Jepang, Korea, Vietnam, adalah negara-negara yang penduduknya makan nasi seperti Indonesia, juga untuk urusan sajian makan pagi. Bahkan di Eropa pun banyak negara yang punya olahan nasi. Berikut beberapa contoh yang bisa Mama simak lebih detailnya: Menu Sarapan Olahan Nasi Terkenal dari Berbagai Negara.


Nasi Bibimbap

Nasi Bibimbap

Kalau di Indonesia namanya nasi campur, di Korea disebut Bibimbap. Cara makannya dengan mencampur aduk nasi dengan semua lauk di mangkuk.


Gambaran komposisi bibimbap secara umum yaitu nasi putih, sambal atau saus gochujang, daging, telur, dan beraneka sayuran.


Sebenarnya ini cuma menu sederhana ala Korea. Jadi, agar lebih laku, rumah makan Korea akan menyajikannya dengan plating yang menarik.


Risotto

Risotto


Berikutnya, risotto, masakan nasi khas Italia yang pakai jenis beras pendek. Nasi dimasak dengan kaldu sampai hampir menjadi bubur. Teksturnya creamy, tetapi masih belum selembek bubur. 


Pembuatan risotto tidak butuh banyak bahan, tetapi harus dengan teknik yang tepat. Caranya adalah masukkan kaldu ke panci yang penuh nasi, lalu masak sampai kaldunya menyerap.


Nasi Goreng Hongkong

Nasi Goreng Hongkong


Sesuai namanya, masakan ini memang dari Hongkong. Banyak juga yang menyebutnya nasi goreng Hokkien karena resepnya dibawa oleh orang Hokkien.


Apapun itu, resep nasi goreng Hongkong berbeda dengan yang ada di Indonesia. Warnanya cenderung pucat karena sama sekali tidak pakai kecap maupun saus tomat.


Kendati demikian, rasanya tetap kuat karena bumbu dan berbagai lauk yang dicampurkan di dalamnya. Masakan ini patut Mama coba di rumah karena cepat dan praktis.


Kreasi Menu Nasi untuk Anak

Dari beberapa rekomendasi resep di atas, tidak semuanya cocok buat anak-anak. Jadi, mungkin Mama perlu untuk Berkreasi dengan Nasi Agar Anak Lahap Saat Makan Siang. Berikut Dapur Umami telah mengumpulkan idenya:


Nasi Bento

Nasi Bento


Ini adalah bekal makan khas Jepang yang sering anak-anak bawa ke sekolah. Bento artinya satu porsi nasi dengan lauk lengkap dalam wadah yang bisa dimakan di manapun.


Apakah anak-anak pasti suka nasi bento? Tergantung bagaimana Mama menyusunnya. Di Jepang, ada kegiatan menghias bento supaya menarik bernama kyaraben.


Bukan sekadar menata rapi, tetapi kyaraben adalah membentuk nasi dan lauk menjadi karakter yang anak suka. Para ibu di Jepang gemar menghabiskan waktu membuat kyaraben buat si kecil.


Nasi Goreng Sembunyi

Nasi Goreng Sembunyi


Resep nasi simple untuk anak, nasi goreng sembunyi. Sebenarnya ini cuma variasi dari nasi goreng agar anak lebih bersemangat makan.


Anak-anak lebih tertarik makan ‘nasi goreng sembunyi’ daripada nasi goreng lauk telur dadar biasa. Keduanya sama, hanya saja plating-nya lebih kreatif.


Untuk membuat nasi goreng sembunyi, Mama tinggal meletakkan nasi di balik telur dadar kemudian membungkusnya. Simpel dan menarik.


Nasi Tim Ayam

Nasi Tim Ayam


Nasi tim bukan cuma makanan untuk orang sakit atau bayi. Jika Mama memasaknya secara kreatif, maka nasi tim bisa jadi menu yang sangat lezat.


Hidangan ini lagi-lagi merupakan pengaruh kuliner Tionghoa. Nasi dan potongan ayam dikukus sampai lunak mirip risotto

Asal muasal nama tim mengadopsi bahasa Inggris “steam” (kukus). 


Bahan-bahan resep nasi tim yaitu nasi matang dan ayam atau lauk lainnya, serta bumbu sesuai selera. Letakkan di panci kemudian kukus selama beberapa menit.


Makan Nasi Jadi Tidak Membosankan

Dengan beraneka macam resep nasi dari Indonesia dan berbagai negara, pastinya Mama tidak akan merasa bosan. Nasi putih bisa menjadi aneka olahan yang rasa dan teksturnya unik. Jadi, resep mana yang mau dimasak hari ini?







Source of thumbnail: Nasi Liwet Makanan Indonesia by Radoz Design, Nasi Goreng Cina dengan Sup by takedahrs from Pixabay, Chicken Teriyaki Bento by whitewish, Nasi Kebuli Iga Kambing, Nasi Arab Bumbu Cengkih, Cinn by Ika Rahma.
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.